Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) (Studi Kasus pada BRI Unit Berastagi Kantor Cabang Kabanjahe)
View/ Open
Date
2011Author
Tarigan, Heldin Suranta
Advisor(s)
Fauzi, Amrin
Rismayani
Metadata
Show full item recordAbstract
Banking competition and business situation changing so fast now. Bank Rakyat
Indoesia (BRI) must be competioning with other bank to get the customer.
Specially BRI need to focusing in micro financing. That’s why BRI Must to increase
the quality of product specially Kupedes increasing competitive with other competitors. BRI
also increasing it’s professionalism and competitiveness, high competency and hig service to
their consumers.
The theories that used in research are marketing theories, especially
consumer behavior theories, buying interest, and buying decision.
The research method are survey approach and explanatory research. There
are 89 respondents of customer BRI Kupedes. The analyse using Multiple Regression
technique to analyse first hypothesies and Simple Regression technique to analyse
second hypothesies.
Analysies results show that services marketing strategy influencing customer
satisfaction of Kupedes loan BRI. Based on ttest
The conclusion are: (1) marketing mix which consist of product, interest rate,
promotion, location, process, human resource and service variable have the
significant influence to costomer satisfaction of Kupedes loan BRI. It mean that
services marketing which is used BRI can improve consumer satisfaction (2)
Consumer satisfaction can also influence the consumer loyalty to remain borrow the
Kupedes BRI Berastagi.
result, only product, interest rate,
promotion, human resource and service variable have the significant influence. The
other variable such as location and process variable have not significance influence
to customer satisfaction of Kupedes loan BRI. Consumer satisfaction can also
influence consumer loyality to remain borrow the Kupedes BRI Berastagi. Persaingan perbankan dan situasi bisnis saat ini berubah dengan sangat cepat.
Bank Rakyat Indonesia (BRI) harus berkompetisi dengan bank lain dalam menarik
nasabah, khususnya BRI Unit yang fokus pada pembiayaan usaha mikro, kecil dan
menengah. Untuk meningkatkan daya saing Kupedes dengan produk sejenis dari bank
pesaing maka bank BRI harus terus berupaya memperbaiki kualitas pemasaran
produk pinjaman Kupedes kepada para nasabahnya.
Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Teori Pemasaran Bank yang
berkaitan dengan Teori tentang Perilaku Konsumen, Bauran Pemasaran Jasa,
Kepuasan dan Loyalitas.
Penelitian menggunakan pendekatan metode survey, serta bersifat
explanatory. Jumlah sampel terdiri dari 89 orang responden nasabah Kupedes BRI.
Teknis analisis yang digunakan adalah Regresi berganda untuk menguji hipotesis
pertama dan regresi sederhana untuk menguji hipotesis kedua.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bauran pemasaran secara simultan
mempengaruhi kepuasan nasabah kredit Kupedes di BRI Unit Berastagi. Berdasarkan
uji t (secara parsial), hanya variabel produk, Suku bunga, promosi, sumber daya
Manusia dan pelayanan yang berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel
lokasi dan variabel proses tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah kredit
Kupedes di BRI Unit Berastagi. Kepuasan nasabah juga mempengaruhi loyalitas
nasabah untuk tetap meminjam kredit Kupedes pada BRI Unit Berastagi.
Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa (1) bauran pemasaran bank yang
terdiri dari: variabel produk (X1), variabel suku bunga (X2), variabel promosi (X4),
variabel sumber daya manusia (X5) dan variabel Pelayanan (X7) berpengaruh sangat
signifikan (high significant) terhadap kepuasan nasabah kredit Kupedes di BRI Unit
Berastagi . Hal ini berarti bauran pemasaran bank yang diterapkan oleh BRI Unit
sangat menentukan sekali dalam meningkatkan kepuasan nasabah kredit Kupedes, (2)
Kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah kredit Kupedes di BRI
Unit, artinya bahwa kepuasan yang diperoleh nasabah akan meningkatkan loyalitas
nasabah kredit Kupedes di BRI Unit Berastagi.
Collections
- Master Theses [1233]
