Analisis Pengaruh Promosi dan Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Memilih untuk Kuliah di Lp3i Gajah Mada Medan
View/ Open
Date
2013Author
Purba, Iwani
Advisor(s)
Fauzi, Amrin
Rini, Endang Sulistya
Metadata
Show full item recordAbstract
Understanding the need and process of consumer purchases plays an
important role in building an effective marketing strategy, companies can take
necessary measures that consumers take decision to buy. The process of consumer
decision taking can be influenced by the past, present, and future estimation.
Consumer decision taking is a process of choosing and being committed to what
has been chosen through conscious effort to achieve the goal which means, in
meeting his/her needs, each consumer has undergone a long process beginning
with identifying the need to achieve the goal based on the desires, knowledge and
experience he/she has. Nowadays, any educational institution service industry or
university assumes that promotion is an important part of product and service
marketing because promition is regarded as the most effective and efficient way in
promoting or introducing all information about the university profile such as
information about study programs, facilities, administrative and teaching staff,
and strategic campus location. The decision taken by the students to choose the
university where he/she wants to study at is inseparable from the quality of the
service provided by the educational institution. In general, university is an
institution enggaged in service provision. The quality of an educational institution
is how it presents its product in the form of service applicable in where the
product is developed and its dissemination is, at least, the same as what is desired
and expected by consumers. The purpose of this study was to find out and analyze
the partial and simultaneous influence of reliability, responsiveness, assurance,
empathy, and tangibles of promotion on the decision to choose. The data for this
study were obtained through library research and field research by distributing
questionnaires to 100 samples. The data obtained were crosstabulated and
analyzed through inferential statistic analysis by using multiple linear regression
analysis. The result of this study showed that partially, reliability, responsiveness,
and assurance, had a positive and significant influence on the decision to choose
while, partially, empathy had a negative and significant influence on the decision
to choose. Then, simultaneously, the variables of promotion, reliability,
responsiveness, assurance, empathy and tangibles had a positive and significant
influence on the decision to choose. Pemahaman kebutuhan dan proses pembelian konsumen berperan penting
dalam membangun strategi pemasaran yang efektif, para perusahaan dapat
mengambil tindakan penting agar konsumen mengambil keputusan untuk
membeli. Proses pengambilan keputusan konsumen dapat dipengaruhi oleh masa
lalu, masa sekarang dan perkiraan masa akan datang. Pengambilan keputusan
konsumen merupakan proses memilih dan berkomitmen atas apa yang telah
dipilih melalui usaha yang sadar untuk mencapai tujuan, artinya setiap konsumen
tersebut dalam memenuhi kebutuhannya memiliki proses yang panjang diawali
dengan mengidentifikasi kebutuhan untuk mencapai tujuan berdasarkan
keinginan, pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya.Bagi setiap industri
jasa lembaga pendidikan atau perguruan tinggi dewasa ini menganggap bahwa
promosi merupakan bagian penting dari pemasaran produk dan jasa, karena
promosi merupakan cara yang dianggap paling efektif dan efisien dalam
mengenalkan semua informasi profil perguruan tinggi seperti informasi program
studi, informasi fasilitas, informasi staf dan tenaga pengajar serta lokasi kampus
yang strategis. Pengambilan keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi
sebagai tempat kuliahnya tidak terlepas dari kualitas jasa lembaga pendidikan
tersebut. Pada umumnya, perguruan tinggi merupakan lembaga yang bergerak
dalam pelayanan. Kualitas dalam lembaga pendidikan adalah suatu penyajian
produk dalam bentuk jasa yang berlaku ditempat produk tersebut diadakan dan
penyampaiannya setidaknya sama dengan yang diinginkan dan diharapkan
konsumen. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
promosi, keandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian dan bukti fisik secara
parsial dan secara serempak terhadap keputusan memilih. Data penelitian ini
menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan
(field research) dengan menyebar kuesioner kepada 100 sampel. Teknik analisis
yang digunakan antara lain analisis crosstabulation dan analisis statistik
inferensial menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa promosi, keandalan, daya tanggap, jaminan secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih. Sedangkan
perhatian secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan
memilih. Selanjutnya variabel promosi, keandalan, daya tanggap, jaminan,
perhatian dan bukti fisik secara serempak berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan memilih.
Collections
- Master Theses [1233]
