Efek Metil Ester Minyak Jarak Pagar dengan Dimetil Ester Turunan Oleat terhadap Performansi dan Emisi Gas Buang dari Mesin Diesel
View/ Open
Date
2013Author
Syafii, Muhammad
Advisor(s)
Sembiring, Timbangen
Bangun, Nimpan
Metadata
Show full item recordAbstract
This research has been conducted to study the effect of castor oil methyl esters with oleic acid dimethyl ester derivative of the performance and exhaust emissions from diesel engines. For comparison is pertadex diesel oil. Manufacture of castor oil through tranesterifikasi and additives made with oleic acid carbonylation process. In this study examined some of the fuel that is B5, B10 and B10mix. Each of these fuels will be compared to B0 (diesel pertadex). Jatropha oil methyl ester with dimethyl ester derivative of oleic (B5, B10, B10mix) was tested kalornya value. Then do the test performance diesel engines which include a number of parameters such as torque, power, fuel consumsition specifics, and thermal efficiency. Of the torsion test torque value obtained from B0 higher than the methyl ester B5, B10, and B10mix. In testing it was found that the value of the power power B0 greater than B5, B0, B10mix, the specific fuel value of methyl ester consumsition large compared to B0 (Solar pertadex). And the thermal efficiency of the B0 value greater than the methyl ester. Of the test exhaust emissions seen several parameters including CO, CO2, HC, O2, and NOx, from the test results obtained from the exhaust gas emissions B5 (5% methyl ester), B10 (10% methyl ester) and B10mix (10% methyl ester and 1% DMEB) lower emissions compared to B0 (100% diesel pertadex). So the effect of the methyl ester of Jatropha oil and oleic acid dimethyl ester derivative of the exhaust emissions can be reduced compared to diesel can reduce emissions pertadex hidrokarkabon (HC). Penelitian ini telah dilakukan untuk mempelajari efek metil ester minyak jarak dengan dimetil ester turunan oleat terhadap kinerja (performansi) dan emisi gas buang dari mesin diesel. Sebagai pembanding adalah minyak solar pertadex. Pembuatan minyak jarak dilakukan melalui tranesterifikasi dan bahan aditif dibuat dengan proses karbonilasi asam oleat. Pada penelitian ini diuji beberapa bahan bakar yakni B5, B10 dan B10mix. Masing-masing bahan bakar akan dibandingkan dengan B0 (solar pertadex). Metil ester minyak jarak pagar dengan dimetil ester turunan oleat (B5, B10, B10mix) telah diuji nilai kalornya. Kemudian dilakukan uji performansi mesin diesel yang meliputi beberapa parameter diantaranya torsi, daya, spesfik fuel consumsition, dan efisiensi thermal. Dari uji torsi didapat nilai torsi dari B0 lebih tinggi dibandingkan dengan dengan metil ester B5, B10, dan B10mix. Pada uji daya didapatkan bahwa nilai daya B0 lebih besar dibandingkan dengan B5, B0, B10mix, pada spesifik fuel consumsition nilai dari metil ester besar dibandingkan dengan B0 ( Solar pertadex). Dan pada Efisiensi thermal nilai dari B0 lebih besar dibandingkan dengan metil ester. Dari uji emisi gas buang dilihat beberapa parameter diantaranya CO, CO2, HC, O2, dan NOx, dari hasil pengujian didapat emisi gas buang dari B5 (5% metil ester), B10 (10% metil ester) dan B10mix (10% metil ester dan 1% DMEB) lebih rendah emisinya dibandingkan dengan B0 ( 100% solar pertadex). Maka efek metil ester minyak jarak pagar dan dimetil ester turunan oleat terhadap emisi gas buang dapat diturunkan dibandingkan solar pertadex dapat menekan emisi hidrokarkabon (HC).
Collections
- Master Theses [307]