Pertunjukan Tari Liong (Naga) oleh Grup Naga dan Barongsai Vihara Setia Buddha Binjai: Analisis Struktur Pertunjukan dan Makna Gerak
印尼民礼的龙舞狮表演:表演结构分析 (yìnní mín lì delóngwǔshībiǎo yǎn: biǎo yǎn: jiégòufēnxī)
View/ Open
Date
2017Author
Mayolla, Siti Sarah Anandita
Advisor(s)
Takari, Muhammad
Adha, Laoshi Tengku Kasa Rullah
Metadata
Show full item recordAbstract
The title of this paper is Performances of Liong (dragon) Dance by Vihara Setia Buddha Group Binjai: An Analysis of Performances Structure and Meaning of Movements. The purpose of this research is to know two aspects: (a) the structure of performance, and (b) the meaning of movements. The theories that used in this research are performance structure’s theory by Sal Murgianto in Milton Singer and the semiotic theory by Charles Sanders Pierce.The methods of research that used are descriptive qualitative methods. The data collection are conducted by field research such: interviews, observations, the recording of dancing performance and participant observers; and library research.The results that obtained in this research are: (a) the performance structure of Liong (dragon) dance consists of seven stage performances, (b) there are five movements of liong (dragon) dance. The five movements are the ships movement, the eight shape movement, the fish movement, the butterflies movement, and the bird movement. Each movements of the Liong (dragon) dance has meanings. Skripsi ini berjudul Pertunjukan Tari Liong (Naga) oleh Grup Vihara Setia Buddha Binjai: Analisis Struktur Pertunjukan dan Makna Gerak. Tujuan penelitian dalam menulis skripsi ini adalah mengetahui dua aspek, yaitu: (a) struktur pertunjukan, dan (b) makna gerak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktur pertunjukan Sal Murgianto dan teori semiotik dari Charles sanders Peirce.Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang ditulis secara deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan berupa: wawancara, observasi, perekaman pertunjukan tari, dan pengamatan terlibat (participant observer), dan studi kepustakaan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (a) struktur pertunjukan tari liong (naga) terdiri dari tujuh tahap pertunjukan, (b) ada lima gerakan tari liong (naga). Kelima gerakan tari liong (naga) tersebut adalah gerakan bentuk kapal, angka delapan, ikan, kupu-kupu, dan burung. Masing-masing dari gerakan tari liong (naga) tersebut mempunyai sebuah makna.
Collections
- Undergraduate Theses [323]
