Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan dengan Menggunakan Metode Servqual dan QFD (Studi Kasus pada Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara)
View/ Open
Date
2012Author
Girsang, Virda Irene
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Ginting, Rosnani
Metadata
Show full item recordAbstract
Sumatera Utara Provincial Documentation, Archieve and Library Board is one
of the Sumatera Utara Provincial Technical Institutions assigned to do Local
Government/Provincial Authority Affairs in the field of secretariate, local deposit and
library materials management, library and information technoilogy service, human
resources development, library institution, archieve and documentation and
deconsentration tasks for example, one of its missions is to improve the service for
library users and the users of information technology-based archieve to support the
writing activities, research, discussion and reading tourism.
The purpose of this study was to find out what the library users want and need
to improve and arrange the priority of service quality improvement that should have
been provided by Sumatera Utara Provincial Documentation, Archieve and Library
Board through the application of SERVQUAL method to determine the need of
customers and to calculate the gap between the service provided and the expectation
of customers and the Quality Function Development (QFD) to translate what needed
by the customers into what should be produced by the organization.
The data for this study were obtained through distributing the questionnaires
(as research instrument) to 124 respondents and the variables of questions used the
five dimensions of SERVQUAL namely Reliability, Responsiveness, Assurance,
Tangibles and Emphaty.
The result of this study showed that the dimension of assurance had the biggest
gap of 1.61. The variable of the need of library visitors such as “the ease of finding
books’ and “service characteristics” becoming the first pirority of the plan to
improve the service system had the relatively highest percentage of 6.604%. The first
priority of the plan to improve the library service system was “characteristics” such
as “the education level of library staff” with the highest Relative Need Level of
11.965%. Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara
merupakan salah satu Lembaga Teknis Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah/Kewenangan Provinsi
di bidang kesekretariatan, pengelolaan bahan pustaka dan deposit daerah, layanan
perpustakaan dan teknologi informasi, pembinaan sumber daya manusia dan
kelembagaan perpustakaan, arsip dan dokumentasi serta tugas dekonsentrasi, serta
salah satu misinya adalah meningkatkan pelayanan bagi pemustaka, pengguna arsip
yang berbasis teknologi informasi guna mendukung kegiatan menulis, meneliti,
berdiskusi dan wisata baca.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pengunjung
perpustakaan untuk memperbaiki dan menyusun prioritas perbaikan kualitas
pelayanan yang seharusnya diberikan oleh Badan Perpustakaan, Arsip dan
Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara dengan menerapkan metode SERVQUAL
untuk menentukan atribut kebutuhan pelanggan dan menghitung gap (kesenjangan)
antara pelayanan yang diberikan dengan harapan pelanggan dan metode Quality
Function Deployment (QFD) untuk menerjemahkan apa yang dibutuhkan pelanggan
menjadi apa yang harus dihasilkan oleh perusahaan.
Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian, dan
variabel pertanyaan menggunakan lima dimensi SERVQUAL yaitu Reliability,
Responsiveness, Assurance, Tangibles, dan Emphaty. Kuesioner disebarkan kepada
124 responden.
Hasil penyebaran kuesioner menunjukkan dimensi assurance memiliki gap
terbesar yaitu 1,61. Variabel kebutuhan pengunjung yang menjadi prioritas pertama
rencana perbaikan sistem pelayanan adalah variabel yang memiliki bobot relatif
tertinggi sebesar 6,604% yaitu ”kemudahan mencari buku” dan karakteristik
pelayanan yang menjadi prioritas pertama rencana perbaikan sistem pelayanan
perpustakaan adalah karakteristik dengan Tingkat Kepentingan Relatif (TKR)
terbesar 11,965% yaitu ”pelatihan/training staf perpustakaan”.
Collections
- Master Theses [177]