Analisis Kepuasan Pelanggan Pdam Tirtanadi Medan
View/ Open
Date
2013Author
Surbakti, Parlindungan B.J
Advisor(s)
Nasution, Harmein
Nazaruddin
Metadata
Show full item recordAbstract
The purpose of this research is to analyze the customer satisfaction of PDAM Tirtanadi Medan. The issues raised in this study is whether the physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy influence on consumer satisfaction of PDAM Tirtanadi Medan.
This study is using descriptive research study conducted to determine the value of an independent variable, either a variable or more (dependent) without making comparisons or connection with other variables. The data used include primary data, which are translated into several attribute dimensions. Primary data are collected through questionnaires and structured interviews charging customers of PDAM Tirtanadi. On the other hand to determine the effect of the independent variable on the dependent variable is using simutan F test samples used in this study were 350 respondents. Data collection methods used are literature, documentation, questionnaires and interviews.
Results of this study indicates that simultaneous variable physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy effect on customer satisfaction and partially the empathy variable it self does not significantly influence on consumer satisfaction of PDAM Tirtanadi Medan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pelanggan pada PDAM Tirtanadi Medan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan emphaty berpengaruh terhadap kepuasan konsumen PDAM Tirtanandi Medan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variable mandiri, baik satu variabel atau lebih (dependen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Data yang dipergunakan meliputi data primer, yang dijabarkan menjadi beberapa atribut dimensi. Data primer dikumpulkan melalui pengisian kuisioner dan wawancara terstruktur kepada pelanggan PDAM Tirtanadi. Dilain pihak untuk mengetahui pengaruh variable independen terhadap variable dependen secara simutan digunakan uji F. sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 350 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, dokumentasi, kuisioner dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variable bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan emphaty berpengaruh terhadap kepuasan konsumen PDAM Tirtanadi dan secara parsial hanya variable emphaty yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen PDAM Tirtanadi Medan.
Collections
- Master Theses [177]