• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Economics and Business
    • Department of Management
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Economics and Business
    • Department of Management
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Penerapan Teknologi Digital Subscriber Line (Dsl) pada Layanan Corporate Customer Uner 1 Sumatera

    View/Open
    Fulltext (1.132Mb)
    Date
    2011
    Author
    Pramana, I Dewa Made Agus
    Advisor(s)
    Sitompul, Darwin
    Sitompul, Opim Salim
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan jumlah pelanggan merupakan salah satu indikator dari misi perusahaan untuk memenangkan persaingan di pasar, namun apa yang terjadi jika peningkatan jumlah pelanggan dibarengi dengan peningkatan jumlah gangguan pelanggan. Penerapan teknologi Digital Subscriber Line (DSL) yang diterapkan oleh PT TELKOM untuk layanan komunikasi data pelanggan Corporate Customer diharapkan dapat membantu percepatan pertumbuhan jumlah pelanggan dan stabilitas layanan yang sesuai dengan harapan pelanggan. Data sejak tahun 2007 untuk layanan komunikasi data yang menggunakan teknologi DSL, menunjukkan pertumbuhan jumlah pelanggan yang baik dan jumlah gangguan layanan yang tidak terlalu tinggi, namun seiring bertambahnya jumlah pelanggan, gangguan layanan juga meningkat, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peningkatan jumlah pelanggan dengan teknologi DSL terhadap terjadinya gangguan, serta faktor-faktor atau segmen apa saja yang menyebabkan gangguan pelanggan meningkat. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan didapat bahwa peningkatan jumlah pelanggan layanan komunikasi data dengan Teknologi DSL, secara signifikan berpengaruh terhadap jumlah ganguan layanan secara keseluruhan, kemudian secara parsial dilakukan penelusuran lebih lanjut untuk menemukan faktor penyebab gangguan yang dominan. Gangguan pada perangkat modem, jaringan kabel tembaga dan perangkat DSLAM menjadi faktor dominan penyebab peningkatan jumlah gangguan layanan pelanggan. Hal ini diperkuat dengan tingginya durasi penyelesaian gangguan untuk ketiga faktor tersebut, yang kemudian dilanjutkan dengan pendalaman kepada sumber permasalahannya melalui wawancara yang dilakukan selama penelitian.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/43820
    Collections
    • Master Theses [1233]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV