Show simple item record

dc.contributor.advisorSitompul, Darwin
dc.contributor.advisorSitompul, Opim Salim
dc.contributor.authorPramana, I Dewa Made Agus
dc.date.accessioned2021-09-24T07:17:03Z
dc.date.available2021-09-24T07:17:03Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/43820
dc.description.abstractPeningkatan jumlah pelanggan merupakan salah satu indikator dari misi perusahaan untuk memenangkan persaingan di pasar, namun apa yang terjadi jika peningkatan jumlah pelanggan dibarengi dengan peningkatan jumlah gangguan pelanggan. Penerapan teknologi Digital Subscriber Line (DSL) yang diterapkan oleh PT TELKOM untuk layanan komunikasi data pelanggan Corporate Customer diharapkan dapat membantu percepatan pertumbuhan jumlah pelanggan dan stabilitas layanan yang sesuai dengan harapan pelanggan. Data sejak tahun 2007 untuk layanan komunikasi data yang menggunakan teknologi DSL, menunjukkan pertumbuhan jumlah pelanggan yang baik dan jumlah gangguan layanan yang tidak terlalu tinggi, namun seiring bertambahnya jumlah pelanggan, gangguan layanan juga meningkat, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peningkatan jumlah pelanggan dengan teknologi DSL terhadap terjadinya gangguan, serta faktor-faktor atau segmen apa saja yang menyebabkan gangguan pelanggan meningkat. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan didapat bahwa peningkatan jumlah pelanggan layanan komunikasi data dengan Teknologi DSL, secara signifikan berpengaruh terhadap jumlah ganguan layanan secara keseluruhan, kemudian secara parsial dilakukan penelusuran lebih lanjut untuk menemukan faktor penyebab gangguan yang dominan. Gangguan pada perangkat modem, jaringan kabel tembaga dan perangkat DSLAM menjadi faktor dominan penyebab peningkatan jumlah gangguan layanan pelanggan. Hal ini diperkuat dengan tingginya durasi penyelesaian gangguan untuk ketiga faktor tersebut, yang kemudian dilanjutkan dengan pendalaman kepada sumber permasalahannya melalui wawancara yang dilakukan selama penelitian.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectAnalisis Penerapan Teknologi Digital Subscriber Line (DSL)en_US
dc.subjectLayanan Corporate Customer UNER 1 Sumateraen_US
dc.titleAnalisis Penerapan Teknologi Digital Subscriber Line (Dsl) pada Layanan Corporate Customer Uner 1 Sumateraen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM067007072
dc.description.pages95 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record