Show simple item record

dc.contributor.advisorLubis, Iskandar Z.
dc.contributor.authorMasyitah
dc.date.accessioned2021-09-27T03:06:50Z
dc.date.available2021-09-27T03:06:50Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/43858
dc.description.abstractThe vast majority of malarial infection in children are acute, uncomplicated, with febrile episodes, from which they make an apparent complete recovery when treated. Fernando D (Sri Lanka, 2003) found that acute uncomplicated malaria contributes significantly to loss of school time, and poor cognitive performance of children. The aim of this research is to determine the short-term impact of acute uncomplicated malaria on the cognitive performance of schoolchildren suffered from malaria compared to non malaria children living in a malaria endemic area of Mandailing Natal. A prospective study was conducted from August 15 to September 3, 2006 in four elementary schools in Madina regency, North Sumatera province. Groups were classified into malaria and non malaria children based on microscopically confirmed blood smears. Simple randomized sampling was performed with a sample size of 128. Cognitive performance was estimated with 2 examination papers in mathematics and Indonesian language before and 2 weeks after Artesunate and Amodiaquin treatments for 3 days in malaria group. Independent or paired t tests were used to analyze differences in mean scores of cognitive performance. From 925 children examined, 384 suffered from malaria and 541 were non malaria children. One hundred and thirty three children were recruited in malaria group and 132 children in non malaria group. There was no difference in characteristics distribution of sample. There was a significant difference in cognitive performance between malaria and non malaria group (pen_US
dc.description.abstractMayoritas infeksi malaria pada anak-anak terjadi secara akut tanpa komplikasi dengan episode-episode demam, yang akan sembuh sempurna jika diterapi dengan benar. Hasil penelitian Fernando D dkk di Sri Lanka mendapati bahwa malaria akut mempunyai kontribusi yang cukup signifikan terhadap anak-anak hingga kehilangan waktu untuk belajar dan penurunan kemampuan kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh singkat malaria akut tanpa komplikasi terhadap kemampuan kognitif pada anak sekolah dasar penderita malaria dibandingkan dengan yang bukan malaria di Mandailing Natal Penelitian ini bersifat prospektif dilakukan mulai 15 Agustus – 3 September 2006 di beberapa sekolah dasar di kabupaten Madina, Sumatera Utara. Pembagian kelompok malaria dan bukan malaria berdasarkan pemeriksaan apusan darah tepi. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana dengan besar sampel 128 anak. Kemampuan kognitif dinilai dengan memberikan soal–soal matematika dan bahasa Indonesia sebelum dan 2 minggu setelah pemberian terapi Artesunate dan Amodiakuin selama 3 hari pada kelompok malaria. Untuk melihat perbedaan hasil uji kognitif digunakan uji t independent ataupun berpasangan. Dari 925 anak yang diperiksa, 384 anak menderita malaria dan 541 anak tidak malaria. Didapati 133 anak pada kelompok malaria dan 132 anak bukan malaria.Tidak dijumpai perbedaan distribusi karakteristik sampel antara kedua kelompok penelitian. Dijumpai perbedaan bermakna antara kedua kelompok pada uji kognitif awal maupun akhir (p<0.001). Pada kelompok malaria dijumpai perbedaan bermakna antara nilai kognitif awal (mean 38.99 ; SD 15.19) dengan kognitif akhir (mean 72.93 ; SD 10.41) dengan p<0.001. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa malaria akut tanpa komplikasi secara signifikan dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak sekolah dasar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.titlePengaruh Singkat Malaria Tanpa Komplikasi Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Sekolah Dasar Di Daerah Endemis Malariaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimFulltext
dc.description.pages100 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record