• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Economics and Business
    • Department of Management
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Economics and Business
    • Department of Management
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Strategi Peningkatan Kredit Usaha Mikro di Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Amaliun

    View/Open
    Fulltext (3.886Mb)
    Date
    2013
    Author
    Ginting, Meilya Shinta
    Advisor(s)
    Sinulingga, Sukaria
    Mulyani, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang dihadapi BRI Unit Amaliun, yakni mengalami penurunan kredit yang diberikan oleh BRI Unit Amaliun pada tahun 2007 s/d tahun 2011 yang berkisar 48% s/d 72,87% dari RKAP yang telah ditetapkan manajamen BRI, padahal tahun sebelumnya yaitu akhir tahun 2006 kredit yang diberikan BRI Unit Amaliun adalah yang tertinggi dan mampu menaikkan target RKAP hingga 184% sejak didirikan sampai dengan sekarang. Berdasarkan fenomena tersebut, apabila tidak diambil tindakan nyata maka dikhawatirkan berdampak pada kelangsungan Kredit Mikro BRI Unit Amaliun. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alternatif strategi yang perlu dibangun untuk membangun bauran pemasaran guna meningkatkan keputusan penggunaan kredit mikro BRI Unit Amaliun di masa yang akan datang. Variabel independen yang diteliti yaitu; Produk (X1), Harga (X2), Lokasi (X3), Promosi (X4), Orang (X5), Proses (X6) dan Customer Service (X7) (yang merupakan variabel turunan dari strategi bauran pemasaran) dengan variabel dependen yaitu keputusan penggunaan kredit. Penelitian ini mengunakan sampel sebanyak 76 responden nasabah yang menggunakan kredit pada BRI Unit Amaliun. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik simpelrandom sampling atau probability sampling. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji realibilitas. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, sedangkan untuk menganalisis data, yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan: Y = -1.833 + 0,104X1 + 0,129X2 + 0,129X3 + 0,103X4 + 0.505X5 + 0.256X6 + 0.136X7. Seluruh variabel independen memiliki korelasi yang searah dengan variabel dependen (keputusan penggunaan kredit). Dan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan penggunaan kredit adalah variabel Orang dengan koefisien sebesar 0.505. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.923, artinya seluruh variabel turunan strategi bauran pemasaranmempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 92.3% terhadap variabel dependen (Y) yakni keputusan penggunaan kredit. Sisanya 7.7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian. Melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independen memang layak untuk menguji variabel dependen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa seluruh variabel independen terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/43907
    Collections
    • Master Theses [1233]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV