Show simple item record

dc.contributor.authorAsfiani, Dewi
dc.date.accessioned2021-09-28T07:06:14Z
dc.date.available2021-09-28T07:06:14Z
dc.date.issued2004
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/43961
dc.description.abstractHarian Umum Riau Mandiri diterbitkan oleh PT. lnti Kharisma Mandiri Riau sejak Agustus 2000. Pesatnya perkembangan dunia usaha dibidang jurnalistik membuat perusahaan dituntut untuk dapat kompetitif ditengah persaingan yang ketal dan dapat memuaskan semua pihak dengan menciptakan produk yang berkualitas serta mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Untuk itu perlu disusun formulasi strategi yang baik sehingga mampu meningkatkan daya saing dan memberikan kemampuan yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Penelitian ini difokuskan membahas masalah: (l) Faktor-faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi posisi bersaing perusahaan dalam industri jasa dibidang jurnalistik di Riau, (2) Strategi bisnis apa yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan dengan kondisi lingkungan dan persaingan saat ini. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah (1) Mengidentifikasi serta menganalisis faktor-faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi posisi bersaing PT. Inti Kharisma Mandiri Riau dalam penerbitan harian umum lokal di Riau. (2) Memformulasikan strategi yang dapat diterapkan PT. Inti Kharisma Mandiri Riau dalam persaingan penerbitan Harian Umum lokal di Riau. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis faktor-faktor internal dan eksternal (I - E) dan analisis SWOT. Dari hasil evaluasi faktor internal yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi adalah faktor kualitas poduk dengan bobot 0,253 sedangkan faktor yang terendah adalah gaya kepemimpinan dengan bobot 0,100. Total nilai faktor strategis internal sebesar 3,13 yang berarti perusahaan sudah mampu mengatasi kelemahan perusahaan dengan kekuatan yang dimiliki perusahaan saat ini. Faktor strategis eksternal dengan tingkat kepentingan tertinggi adalah faktor populasiljumlah penduduk dengan bobot 0,287. Faktor dengan tingkat paling rendah adalah pesaing perusahaan sejenis dengan bobot 0,138. Dari hasil bobot dan nilai peringkat diperoleh skor total sebesar 2,93 yang menunjukkan kemampuan PT. lnti Kharisma Mandiri Riau bereaksi terhadap faktor-faktor strategis eksternal berada pacta kategori di atas rata-rata yaitu perusahaan mampu menekan ancaman dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Hasil analisis Matriks Internal-Eksternal (I-E) menunjukkan bahwa PT. Inti Kharisma Mandiri Riau berada di posisi sel IV yaitu strategi tumbuh dan bina. Dengan mengkombinasikan Matriks I-E dan Matriks SWOT maka PT. Inti Kharisma Mandiri Riau memperoleh beberapa alternatif strategi, yaitu: strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk, strategi unggul mutu, strategi unggul biaya, strategi unggul teknologi dan strategi joint venture.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectFormulasi Strategien_US
dc.subjectPT. Inti Kharisma Mandiri Riauen_US
dc.subjectManajemen Strategien_US
dc.subjectMatriks IFEen_US
dc.subjectEFEen_US
dc.subjectMatriks IEen_US
dc.subjectMatriks SWOTen_US
dc.titleFormulasi Strategi PT. Inti Kharisma Mandiri Riau dalam Menghadapi Perubahan Lingkunganen_US
dc.typeThesisen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record