Analisis Desain Tata Ruang Baca Perpustakaan SMP Swasta Sultan Iskandar Muda di Medan Sunggal
Abstract
This research aims to find out the reading layout of The Sultan Iskandar Muda Private Junior High School in Medan Sunggal. This research is qualitative research with a descriptive approach. Methods used to collect data using observations, interviews, documentation, and literature studies. The collected data is then analyzed. The data that has been analyzed tested the validity of the data using triagulation techniques namely, data triagulation, theory triagulation, and triagulation methods. The results showed there are six layouts in the private junior high school library of Sultan Iskandar Muda in Medan Sunggal, namely: collection room, reading room, staff room, service room. The dedicated space, and the multimedia space that each layout has its own constraints. The library continues to work to improve the facilities of the Sultan Iskandar Muda school in Medan Sunggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desai tata ruang baca peprustakaan SMP Swasta Sultan Iskandar Muda di Medan Sunggal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan observasi (pengamatan) , wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis. Data yang sudah dianalisis diuji keabsahan datanya menggunakan teknik triagulasi yaitu, triagulasi data, triagulasi teori, dan triagulasi metode. Hasil penelitian memperlihatkan ada enam tata ruang yang ada diperpustakaan SMP Swasta Sultan Iskandar Muda di Medan Sunggal yaitu : ruang koleksi, ruang baca, ruang staff, ruang pelayanan. Ruang khusus, dan ruang multimedia yang masing – masing tata ruang tersebut memiliki kendala tersendiri. Perpustaka terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas ruang diperpustakaan SMP Swasta Sultan Iskandar Muda di Medan Sunggal
Collections
- Undergraduate Theses [727]