• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Public Health
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Public Health
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pelaksanaan Pelayanan Gigi dan Mulut Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Kabupaten Deli Serdang Tahun 2015

    View/Open
    Fulltext (1.428Mb)
    Date
    2015
    Author
    Sinaga, Irma Syafriani Br
    Advisor(s)
    Juanita
    Nasution, Siti Khadijah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    JKN (National Health Insurance) is organized by BPJS (Social Insurance Providing Agency). Puskesmas of Deli Serdang District still lacks of health facility (equipment and consumables) like broken and dysfunctional dental unit, lack of cooperation between dentists and dental nurses, and lack of communication between health care providers and patients. The research used qualitative method with 14 informants. The data were gathered by conducting observation and in-depth interviews. The result of the research showed that health facility, based on Permenkes No.75/2014, was inadequate and some were damaged; there was lack of coordination between dentists and dental nurses; it had had SIK and SIP although it still needed prolonged process; there was no education/training; there was no SOP (Operational Standard Procedure) in handling patients; there was insufficient empathy from the health care providers for patients’ complaint, especially the elderly patients’ and child patients’. It was also found that the process of the implementation of dental and oral care in JKN patients was inadequate and in scaling service patient were charged although it was not in accordance with JKN program. It is recommended that the Health Service of Deli Serdang District improve the health facility and collect data on SIK and SIP personnel. Planning future program should be carried out such as education/training for health care providers at Dental Polyclinic in order to refresh their competence according the advancement in knowledge today. Without charging them for the benefit of JKN patients.
     
    Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Di Puskesmas Kabupaten Deli Serdang masih ditemukan fasilitas kesehatan (peralatan dan bahan habis pakai) yang belum lengkap seperti kondisi dental unit yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik, kompetensi dokter gigi dan perawat gigi masih belum bekerjasama dengan baik, serta pola komunikasi tenaga kesehatan yang masih kurang terhadap pasien. Jenis Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan berjumlah 14 orang. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas kesehatan di poli gigi berdasarkan Permenkes RI No 75 tahun 2014, ketersediaannya masih belum terpenuhi dan ada dalam kondisi rusak; kompetensi dokter gigi dan perawat gigi dalam melaksanakan pelayanan masih belum terkoordinasi dengan baik; sudah memiliki SIK dan SIP, namun perlu proses perpanjangan; belum pernah diadakan pendidikan/pelatihan; belum memiliki standar operational prosedur (SOP) dalam menangani pasien; untuk pola komunikasi petugas kesehatan kepada pasien belum sepenuhnya menunjukkan emphati terhadap keluhan pasien, khususnya lansia dan anak-anak. Proses pelaksanaan pelayanan gigi dan mulut pasien JKN masih belum berjalan sesuai harapan, karena masih ada tindakan pelayanan seperti penambalan hanya sesekali dilakukan di poli gigi dan ada pemungutan biaya terhadap pelayanan scaling kepada pasien, yang tidak sesuai dengan manfaat yang ditawarkan oleh JKN. Diharapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang segera membenahi fasilitas kesehatan serta pendataan terhadap SIK dan SIP petugas. Perlu menjadi pertimbangan untuk perencanaan program ke depan yaitu mengadakan kegiatan pendidikan/pelatihan bagi petugas kesehatan poli gigi sebagai penyegaran kembali kompetensi petugas sesuai dengan perkembangan pengetahuan saat ini. Melaksanakan pelayanan tanpa menambah beban biaya, jika merupakan manfaat bagi pasien JKN.

    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/44152
    Collections
    • Master Theses [2429]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV