dc.description.abstract | Peran Perguruan Tinggi untuk menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi
sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan bangsa. Untuk itu kualifikasi dosen sangat
diperlukan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan agar mahasiswa memiliki
kompetensi sesuai dengan tuntutan industri yang berkembang pesat. Sementara kinerja dosen saat
ini banyak dikeluhkan orang baik oleh mahasiswa, masyarakat atau pemerintah, demikian halnya
yang terjadi di Politeknik Negeri Medan. Maka yang menjadi permasalahan pada penelitian ini
adalah (l) faktor-faktor apakah. yang paling signifikan mempengaruhi kinerja dosen Politeknik
Negeri Medan dan (2) sejauh mana faktor-faktor tersebut mempengaruhi kinerja dosen. Penelitian
ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor kinerja apa dominan dan siginifikan mempengaruhi
kinerja Dosen Politeknik Negeri Medan.
Kinerja merujuk kepada tingkat keberhasilan dalam melaksanakan tugas serta untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kinerja dinyatakan baik dan sukses jika tujuan yang
diinginkan dapat tercapai dengan baik (Donnelly, Gibson and Ivancevich: 1994). Kinerja sebagai
fungsi interaksi antara kemampuan atau ability (A), motivasi a!au motivation (M) dan kesempatan
atau opportunity (0), yaitu kinerja = f (A x M x 0). Artinya: kinerja merupakan fungsi dari
kemampuan, motivasi dan kesempatan (Robbins: 1996).
Pada penelitian terdapat tiga variabel bebas yaitu: Kemampuan (XI), Motivasi (Xl),
Kesempatan. berkarir (X3) dan satu variabel terikat (Y) yaitu Kinerja Dosen Politeknik Negeri
Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dan instrumen pengumpulan data adalah
seperangkat angket yang menggunakan skala Likert. Untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi kinerja Dosen Pokliteknik Negeri Medan digunakan model statistika regresi
berganda. Persamaan normal dari faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Dosen diasumsikan
sebagai berikut: Y = β0+β1X1+β2X2+β3X3 Hipotesis menggunakan teknik korelasi linier, teknik
regresinier berganda, uji F dan uji t.
Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien regresi XI= 0.252 yang menunjukan pengaruh
Kemampuan sejalan dengan Kinerja Dosen. Pengaruh secara parsial variabel Kemampuan
terhadap Kinerja yaitu signifikansi sebesar 0,00. lebih kecil dari α=0,05 atau t hitung sebesar 3.598
lebih besar dari t tabel pada α=0.05 yaitu 1.960. Nilai koefisien regresi variabel Motivasi yaitu
0.196 dengan signifikansi 0.01. Angka koefisien regresi variabel Kesempatan Karir yaitu 0.529 yang menunjukan bahwa pengaruh
Kesempatan Karir terhadap Kinerja positif dengan signifikansi 0.00. Dari uji serempak atau uji F,
diperoleh F hitung adalah 68.471 lebih besar dari F label 3.9255 pada α=0.05. Maka hal ini
menunjukan bahwa Kemampuan, Motivasi dan Kesempatan karir secara serempak atau simultan
berpengaruh signifikan terhadap Kinerja dosen.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang signifikan antara
kemampuan kerja dengan kinerja dosen (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi
dengan kinerja dosen (3) terdapat hubungan positip dan signifikan kesempatan karif terhadap
kinerja dosen Politeknik Negeri Medan. | en_US |