Show simple item record

dc.contributor.authorSoleh, Basuki
dc.date.accessioned2021-10-05T03:56:41Z
dc.date.available2021-10-05T03:56:41Z
dc.date.issued2004
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/44215
dc.description.abstractBasuki Soleh, 2004, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Kapal Peti Kemas di Pelabuhan Belawan, Dibawah Bimbingan : Rahim Matondang (Ketua), Herman Mawengkang (Anggota), Arlina Nurbaity (Anggota). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pelayanan pemandu, produktivitas bongkar muat, tingkat kesiapan peralatan bongkar muat dan waktu terbuang karena cuaca buruk terhadap waktu tunggu kapal peti kemas di pelabuhan Belawan. Disamping itu penelitian ini juga untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap waktu tunggu kapal peti kemas di pelabuhan Belawan. Jumlah sampel yang digunakan untuk analisis ini adalah seluruh kapal peti kemas yang sandar di teminal peti kemas pelabuhan Belawan selama 10 (sepuluh) bulan, yang dimulai dari bulan Juli tahun 2003 sampai dengan bulan April tahun 2004, yaitu sebanyai 318 kapal. Data diambila dari dokumen dan laporan kegiatan kapal selama berada di pelabuhan yang dibuat oleh Terminal Peti Kemas Belawan, antara lain : formulir Permintaan Pelayanan Kapal dan Barang (PPKB), Bukti Pemakaian Jasa Pemanduan (formulir 2 A/1), Port Long Operation dan Laporan Harian Kesiapan Alat Bongkar Muat. Untuk mengetahui apakah secara bersama-sama variabel bebas yaitu pelayanan pemanduan, produktivitas bongkar muat, tingkat kesiapan peralatan bongkar muat, dan waktu terbuang karena cuaca buruk mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat yaitu waktu tunggu kapal peti kemas, digunakan analisis regresi linier berganda. Teknik analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis digunakan uji F pada taraf nyata α = 0,05. Nilai signifikan F pengujian hipotesis adalah sebesar 0,000 apabila dibandingkan dengan taraf nyata α = 0,05 berarti nilai signifikan F lebih kecil dari taraf nyata 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel bebas pelayanan pemanduan, produktivitas bongkar muat, tingkat kesiapan peralatan bongkar muat dan waktu terbuang karena cuaca buruk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat waktu tunggu kapal peti kemas, berarti hipotesis dari penelitian ini diterima. Berdasarkan nilai Standarizied Coefficient diketahui bahwa secara persial variabel produktivitas bongkar muat memiliki pengaruh yang paling dominan. Koefisien determinasi (R2 ) hasil regresi adalah sebesar 0,427 Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas (independent variable) terhadap variabel terikat (dependent variable) dapat dijelaskan sebesar 42,70%, sedangkan sisanya sebesar 57,30% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKapal Peti Kemasen_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Kapal Peti Kemas di Pelabuhan Belawanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimFulltext
dc.description.pages1 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record