• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Economics and Business
    • Department of Management
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Economics and Business
    • Department of Management
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI Medan

    View/Open
    Fulltext (15.77Kb)
    Date
    2004
    Author
    Rezeki, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor produk (Produk Studt), Harga (SPP), Promosi, Tempat, Proses, Orang (person) dan pelayanan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Sekolah Tinggi llmu Ekonomi IBBI Medan. Jumlah sampel yang digunakan untuk analisis ini adalah sebanyak 347 orang. Penulis menggunakan teknik penarikan sampel dengan metode proportionate stranfied random sampling, yang menyebar di tiga tiga program studi yaitu D-III Perkantoran sebanyak 70 responden, D-III Informatika sebanyak 172 responden, S1 Manajemen Pemasaran dan Manajemen Sumber Daya Manusia sebanyak 105 responden. Data yang dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan satuan pengukuran skala likert, dimana data diuji terlebih dahulu dengan mengutamakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan mengambil sampel sebanyak 30 orang yang ada di STIE IBBI Uji validitas dan realibilitas menggunakan SPSS. Untuk mengetahui secara bersarna-sama apakah variabel bebas produk (Program Studi), harga (SPP), promosi tempat, proses, orang (people), dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBBI Medan, digunakan analisis Regresi Linear Berganda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji F dan untuk melihat kontribusi setiap variabel bebas secara parsial digunakan uji T. Hasil uji F hitung sebesar 77,507 lebih besar dari F tabel sebesar 2,01 hal ini menunjukkan bahwa variabel produk (Program Studi), harga (SPP), promosi tempat, proses, orang (person), dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam mernilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBBl medan. Koefisien Adjusted R. Square hasil regresi sebesar 0,608. Hal ini menunjukkan variasi variabel bebas dapat menjelaskan 60,8 % terhadap variabel terikat, sedangkan sisanya sebesar 39,2 % dijelaskan oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti. Dalam penelitian ini dapat disirnpulkan bahwa Bauran Pemasaran yang terdiri dari produk, biaya, promosi tempat, orang, proses dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih STIE IBBI sebagai tempat belajarnya diterima.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/44225
    Collections
    • Master Theses [1233]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV