Analisis Ketersediaan Koleksi Berdasarkan Standar ACRL pada Perpustakaan UIN Sumatera Utara
View/ Open
Date
2017Author
Putri, Novetria Indria
Advisor(s)
Nasution, Laila Hadri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian dilakukan di Perpustakaan UIN Sumatera Utara. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan koleksi pada Perpustakaan UIN
Sumatera Utara berdasarkan standar ACRL. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah pengguna aktif
Perpustakaan UINSU. Teknik penentuan sampel Proportionate Stratified Random
Sampling. Sampel pada penelitian berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan metode angket, kemudian data diolah dan disajikan
dengan pengukuran distribusi frekuensi dan dilakukan perhitungan persentase dan
interpretasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ketersediaan koleksi pada perpustakaan
UIN Sumatera Utara yang ditinjau dari 6 indikator ACRL yaitu akses, bentuk/format,
koleksi digital, sarana, pendidikan pengguna, repository. Hal ini dapat dilihat dari
segi akses, pada umumnya (82%) perpustakaan sudah menyediakan akses terhadap
koleksi tercetak. Hampir setengah (36%) responden menyatakan perpustakaan sudah
menyediakan akses terhadap koleksi digital. Namun sebagian kecil (22%) responden
menyatakan perpustakaan sudah menyediakan akses terhadap koleksi Audio Visual
dan hampir setengah (36%) responden menyatakan temu kembali informasi atau
pencarian buku dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Dari segi bentuk/format,
sebagian besar (70%) perpustakaan sudah menyediakan koleksi yang dapat di akses
secara fisik, namun sebagian kecil (20%) responden menyatakan perpustakaan masih
kurang menyediakan koleksi yang dapat di akses secara elektronik. Dari segi koleksi
digital, pada umumnya (80%) pengguna dapat menggunakan koleksi terbitan
Universitas. Dari segi sarana, hampir setengah (37%) responden menyatakan
perpustakaan sudah memiliki sarana yang baik dalam mengumpulkan,
mengorganisasikan, menyediakan akses, menyebarluaskan, dan memelihara koleksi
yang diperlukan oleh pengguna. Dari segi pendidikan pengguna, sebagian besar
(52%) perpustakaan sudah melaksanakan pendidikan pengguna dan hampir setengah
(35%) pelaksanaan pendidikan pengguna dengan komunikasi ilmiah. Dari segi
repository, hampir setengah (45%) responden menyatakan perpustakaan sudah
menyediakan akses jangka panjang terhadap karya ilmiah dan budaya.
Collections
- Undergraduate Theses [739]