Pengaruh Akun Instagram @Makanhalalmedan terhadap Keputusan Membeli Masyarakat di Kota Medan
View/ Open
Date
2021Author
Marbun, Iasyah Putri
Advisor(s)
Lubis, Fatma Wardy
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Akun Instagram @makanhalalmedan Terhadap Keputusan Membeli Masyarakat di Kota Medan (Studi Korelasi Tentang Pengaruh Akun Instagram @makanhalalmedan Terhadap Keputusan Membeli Masyarakat di Kota Medan). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran umum tentang akun Instagram @makanhalalmedan, untuk mengetahui perilaku membeli dari unggahan @makanhalalmedan dikalangan masyarakat di kota Medan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh akun Instagram @makanhalalmedan terhadap keputusan membeli dikalangan masyarakat kota Medan. Landasan teori yang dianggap relevan dengan penelitian ini antara lain Komunikasi Massa, New Media, Media Sosial, Instagram, Keputusan Pembelian, AIDDA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah pengikut akun Instagram @makanhalalmedan yang berjumlah 85.500 pengikut, dengan penentuan sampel menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90% sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner (Field Research) dan studi kepustakaan (Library Research). Teknik analisis data menggunakan analisis tabel tunggal, analisis tabel silang, dan uji hipotesis melalui aplikasi SPSS 26. Hasil uji hipotesis menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan antara pengaruh akun Instagram @makanhalalmedan terhadap keputusan membeli masyarakat di kota medan dengan tingkat pengaruh sebesar 24%. This research is entitled "The Influence of @makanhalalmedan Instagram Accounts on People's Buying Decisions in Medan City (correlation study on the influence of @makanhalalmedan Instagram accounts on people's buying decisions in Medan City). The purpose of the study was to find out an overview of the @makanhalalmedan Instagram account, to find out the buying behavior of @makanhalalmedan uploads among the people in the city of Medan, to find out how much influence the @makanhalalmedan Instagram account had on purchasing decisions among the people of the city of Medan. The theoretical foundations that are considered relevant to this research include Mass Communication, New Media, Social Media, Instagram, Purchase Decision, AIDDA. This research is a quantitative research using correlational research methods. The population in this study were followers of the Instagram account @makanhalalmedan, amounting to 85,500 followers, with the determination of the sample using the Taro Yamane formula with 10% precision and 90% confidence level so that a sample of 100 respondents was obtained. The sampling technique in this study is a purposive sampling technique. Data collection techniques used questionnaires (Field Research) and literature studies (Library Research). The data analysis technique uses single table analysis, cross table analysis, and hypothesis testing through the SPSS 26 application. The results of the hypothesis test show Ho was rejected and Ha is accepted, which means that there is a relationship between the influence of the @makanhalalmedan Instagram account on people's buying decisions in the city of Medan with an influence rate of 24%.
Collections
- Undergraduate Theses [1789]