Gaya Hidup Mahasiswa K-Popers (Studi Deskriptif pada Mahasiswa K-Popers FISIP USU)
Abstract
K-Pop adalah sebuah singkatan dari “Korean Pop” yaitu jenis music populer yang mendunia dari Korea Selatan. Fenomena demam Korea yang tersebar luas melalui Korean pop culture ke segala negeri termasuk Indonesia. Lalu kemudian melahirkan para penggemar K-Pop di seluruh dunia, khususnya bagi kalangan anak muda. Dengan tujuan untuk mengikuti trend gaya hidup sekarang ini. Penelitian dengan judul “Gaya Hidup Mahasiswa K-Popers (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa K-Popers FISIP USU)”, memiliki rumusan masalah “Bagaimana gaya hidup mahasiswa K-Popers FISIP USU melalui telaah teori praktik social Pierre Bourdieu?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup mahasiswa K-Popers FISIP USU melalui telaah teori praktik social Pierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Landasan teori yang digunakan adalah teori praktik sosial Pierre Bourdieu. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya hidup mahasiswa K-Popers FISIP USU yang peneliti telaah melalui teori praktik social Pierre Bourdieu yaitu lebih dominan mengarah kepada praktik sosial dalam dunia fashion, dimana praktik sosial mereka didalam berpenampilan didasari atas eksistensi diri mereka dalam kepemilikan barang di dunia fashion, meniru gaya rambut, mengisi waktu dengan menonton tayangan K-Pop dan mendengar lagu K-Pop yang seakan sudah menjadi prioritas gaya hidup mereka yang pada akhirnya menjadikan hal tersebut sebagai ciri khas atau identitas diri dan hal tersebut mereka tampilkan ketika berada di kampus dan juga di luar kampus seperti café, mall, dan ketika nongkrong dan jalan-jalan ke tempat wisata lainnya. K-Pop is an abbreviation of "Korean Pop" which is a type of popular music worldwide from South Korea. The phenomenon of Korean fever is widespread through Korean pop culture to all countries including Indonesia. Then later gave birth to K-Pop fans around the world, especially for young people. With the aim of following the current lifestyle trends. The research entitled "Lifestyle of K-Popers FISIP USU Students (Descriptive Study of USU FISIP K-Popers Students)", has a problem formulation "How is the lifestyle of USU FISIP K-Popers students through a study of Pierre Bourdieu's theory of social practice?". This study aims to determine the lifestyle of USU's K-Popers FISIP students through a study of Pierre Bourdieu's theory of social practice. This study uses a qualitative method with a descriptive study. Data collection techniques were carried out by observation and in-depth interviews. The theoretical basis used is Pierre Bourdieu's theory of social practice. From the results of this study, it can be concluded that the lifestyle of USU's K-Popers FISIP students which the researchers studied through Pierre Bourdieu's theory of social practice, which is more dominantly leads to social practices in the fashion world, where their social practice in appearance is based on their existence in the possession of goods in the world of fashion. the fashion world, imitating hairstyles, filling time by watching K-Pop shows and listening to K-Pop songs which seem to have become a priority for their lifestyle which in the end makes it a characteristic or identity and they show it when they are on campus and also off campus such as cafes, malls, and when hanging out and traveling to other tourist attractions.
Collections
- Undergraduate Theses [1027]
