• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Communication Science
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Communication Science
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan

    View/Open
    Fulltext (5.683Mb)
    Date
    2021
    Author
    Lumban Toruan, Rachel Mia Lorenza
    Advisor(s)
    Asmara, Sakhyan
    Zulkarnain, Iskandar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemaknaan bimbingan belajar oleh para siswa SMA di kota Medan, menganalisis efektivitas aplikasi Ruang Guru sebagai medium komunikasi dalam kegiatan bimbingan belajar daring di kalangan siswa SMA di kota Medan, serta menganalisis perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik pada siswa SMA di kota Medan setelah mengikuti bimbingan belajar secara daring melalui aplikasi Ruang Guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian dari berbagai kalangan yaitu siswa SMA, orang tua siswa, guru SMA serta dua informan triangulasi yaitu master teacher atau tentor Ruang Guru dan pengamat komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Ruang Guru efektif sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di kota Medan. Hal tersebut dilihat dari efektivitas komunikasi dan efektivitas aplikasi Ruang Guru. Efektivitas komunikasi ditinjau dari komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek. Efektivitas aplikasi Ruang Guru ditinjau dari aspek tugas dan fungsi serta aspek rencana atau program. Perubahan yang ditimbulkan oleh siswa yang berlangganan Ruang Guru adalah perubahan dari aspek kognitif, sedangkan aspek afektif dan psikomotorik belum terlihat pada siswa. Para siswa juga sudah cukup memahami mengenai pemaknaan bimbingan belajar.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/44952
    Collections
    • Master Theses [357]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV