Show simple item record

dc.contributor.advisorAsmara, Sakhyan
dc.contributor.advisorZulkarnain, Iskandar
dc.contributor.authorLumban Toruan, Rachel Mia Lorenza
dc.date.accessioned2021-10-29T08:15:46Z
dc.date.available2021-10-29T08:15:46Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/44952
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemaknaan bimbingan belajar oleh para siswa SMA di kota Medan, menganalisis efektivitas aplikasi Ruang Guru sebagai medium komunikasi dalam kegiatan bimbingan belajar daring di kalangan siswa SMA di kota Medan, serta menganalisis perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik pada siswa SMA di kota Medan setelah mengikuti bimbingan belajar secara daring melalui aplikasi Ruang Guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian dari berbagai kalangan yaitu siswa SMA, orang tua siswa, guru SMA serta dua informan triangulasi yaitu master teacher atau tentor Ruang Guru dan pengamat komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Ruang Guru efektif sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di kota Medan. Hal tersebut dilihat dari efektivitas komunikasi dan efektivitas aplikasi Ruang Guru. Efektivitas komunikasi ditinjau dari komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek. Efektivitas aplikasi Ruang Guru ditinjau dari aspek tugas dan fungsi serta aspek rencana atau program. Perubahan yang ditimbulkan oleh siswa yang berlangganan Ruang Guru adalah perubahan dari aspek kognitif, sedangkan aspek afektif dan psikomotorik belum terlihat pada siswa. Para siswa juga sudah cukup memahami mengenai pemaknaan bimbingan belajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectEfektivitas Aplikasien_US
dc.subjectMedium Komunikasien_US
dc.subjectBimbingan Belajar Daringen_US
dc.subjectRuang Guruen_US
dc.titleEfektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM197045005
dc.description.pages221 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record