dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemaknaan bimbingan belajar oleh
para siswa SMA di kota Medan, menganalisis efektivitas aplikasi Ruang Guru
sebagai medium komunikasi dalam kegiatan bimbingan belajar daring di kalangan
siswa SMA di kota Medan, serta menganalisis perubahan kognitif, afektif dan
psikomotorik pada siswa SMA di kota Medan setelah mengikuti bimbingan
belajar secara daring melalui aplikasi Ruang Guru. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan subjek penelitian dari berbagai kalangan yaitu siswa
SMA, orang tua siswa, guru SMA serta dua informan triangulasi yaitu master
teacher atau tentor Ruang Guru dan pengamat komunikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aplikasi Ruang Guru efektif sebagai Medium Komunikasi
dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di kota
Medan. Hal tersebut dilihat dari efektivitas komunikasi dan efektivitas aplikasi
Ruang Guru. Efektivitas komunikasi ditinjau dari komunikator, pesan, media,
komunikan, dan efek. Efektivitas aplikasi Ruang Guru ditinjau dari aspek tugas
dan fungsi serta aspek rencana atau program. Perubahan yang ditimbulkan oleh
siswa yang berlangganan Ruang Guru adalah perubahan dari aspek kognitif,
sedangkan aspek afektif dan psikomotorik belum terlihat pada siswa. Para siswa
juga sudah cukup memahami mengenai pemaknaan bimbingan belajar. | en_US |