| dc.contributor.advisor | Elida, Linda | |
| dc.contributor.author | Bancin, Risma Hotmauli | |
| dc.date.accessioned | 2021-11-01T04:04:47Z | |
| dc.date.available | 2021-11-01T04:04:47Z | |
| dc.date.issued | 2021 | |
| dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/44962 | |
| dc.description.abstract | A person's identity and social stratification are generally determined based on the
totality of his social and economic position in society, including wealth and
income, type of work, self-identification, group participation and recognition by
others. Factory workers, when viewed from the criteria of identity and social
stratification, are considered to occupy the lower middle social stratification
because they do not have education and also high incomes, this makes factory
workers feel that they must improve their social stratification by getting
recognition from others, namely by change their consumption patterns into
consumptive consumption patterns and do social climbers. This research was
conducted to find out how consumptive behavior and social climber behavior are
carried out by factory workers to improve their social status. The method used is
a qualitative method, through observation techniques, interviews involving
informants, namely female factory workers in Muliorejo Village. The rationale
uses Wood's social climber theory. The results of the study can be concluded that
the change in consumption behavior to consumptive behavior carried out by
factory workers is to improve their social status by consuming signs on the
goods/services they consume, these changes are influenced by external factors
(Social Stratification, Reference groups, and Social Groups). ) and internal
factors (motivation and perception) through the goods or services they consume
they can be considered as people who have high social status, then they do social
climbers by choosing friends and are also obsessed with appearance, they will
make friends with other people. who have a high social status, so that they are
also considered as people who are in a high social status. | en_US |
| dc.description.abstract | Identitas dan stratifikasi sosial seseorang pada umumnya ditentukan berdasarkan
totalitas kedudukan sosial dan ekonominya dalam masyarakat, termasuk kekayaan
dan penghasilan, jenis pekerjaan, identifikasi diri, partisipasi kelompok dan
pengakuan oleh orang lain. Buruh pabrik jika dilihat dari kriteria identitas dan
stratifikasi sosial tersebut di anggap menempati stratifikasi sosial menengah
kebawah karena tidak memiliki pendidikan dan juga penghasilan yang tinggi, hal
ini membuat buruh pabrik merasa bahwa mereka harus meningkatkan stratifikasi
sosial mereka dengan cara mendapatkan pengakuan dari orang lain yaitu dengan
mengubah pola konsumsi mereka menjadi pola konsumsi yang konsumtif dan
melakukan social climber. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana
perilaku konsumtif dan juga social climber yang dilakukan oleh buruh pabrik
untuk meningkatkan status sosialnya. Metode yang digunakan adalah metode
kualitatif, melalui tehnik observasi, wawancara yang melibatkan informan yaitu
buruh pabrik perempuan yang ada di Desa Muliorejo. Landasan pemikiran
menggunakan teori social climber Wood. Hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa perubahan perilaku konsumsi menjadi konsumtif yang dilakukan oleh
buruh pabrik adalah untuk meningkatkan status sosialnya dengan cara
mengkonsumsi tanda yang ada pada barang/jasa yang mereka konsumsi,
perubahan tersebut dipengaruhi oleh faktor eksternal (Stratifikasi Sosial,
kelompok Referensi, dan Kelompok Sosial) dan faktor internal (Motivasi dan
Persepsi) melalui barang atau jasa yang mereka konsumsi mereka dapat dianggap
sebagai orang yang memiliki status sosial yang tinggi, kemudian mereka
melakukan social climber dengan cara memilih-milih teman dan juga terobsesi
pada penampilan, mereka akan berteman dengan orang yang memiliki status
sosial yang tinggi,agar mereka juga dianggap sebagai orang yang berada pada
status sosial yang tinggi. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
| dc.subject | identity and social class | en_US |
| dc.subject | consumptive behavior | en_US |
| dc.subject | social climber | en_US |
| dc.subject | identitas dan kelas sosial | en_US |
| dc.subject | perilaku konsumtif | en_US |
| dc.subject | social climber | en_US |
| dc.title | Perilaku Konsumtif dan Social Climber pada Buruh Pabrik Perempuan (Studi Kasus: Buruh Pabrik di Desa Muliorejo Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang) | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nim | NIM150901062 | |
| dc.description.pages | 142 Halaman | en_US |
| dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |