• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Sosial Ekonomi Antar Pedagang Ikan Sale (Kasus Rantai Pemasaran di Pasar Kodok Kota Padangsidimpuan)

    View/Open
    Fulltext (1.978Mb)
    Date
    2021
    Author
    Siregar, Sakinah
    Advisor(s)
    Zulkifli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan sosial ekonomi antar pedagang ikan sale di Pasar Kodok Kota Padangsidimpuan, mengetahui pelaku atau aktor yang terlibat didalam arus pemasaran ikan sale. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana interaksi atau tindakan-tindakan yang terjadi diantara aktor atau pelaku pemasaran tersebut dalam proses pemasaran ikan sale di Pasar Kodok Kota Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipasi, observasi non-partisipasi, wawancara, dan analisis data untuk mendapatkan hasil penelitian yang diinginkan. Analisis data yang di gunakan adalah dengan menggunakan konsep dan teori yang mendukung dalam kajian tentang hubungan sosial ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hubungan sosial ekonomi rantai pemasaran ikan sale di Pangsidimpuan terlibat aktor-aktor atau pelaku pemasaran yang menyalurkan arus pemasaran ikan sale samapi kepada konsumen. Pelaku pemasaran tersebut antara lain adalah pengolah ikan sale, pedagang grosir, pedagang eceran hingga sampai ketangan konsumen. Para pelaku pemasaran yang terlibat dalam proses pemasaran ikan sale memiliki keterkaitan dalam menjalin suatu hubungan yang harmonis. Hubungan harmonis yang terjalin merupakan hasil dari tindakan sosial ekonomi yang dilakukan oleh para pelaku pemasaran.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/45054
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV