Hubungan Sosial Ekonomi Antar Pedagang Ikan Sale (Kasus Rantai Pemasaran di Pasar Kodok Kota Padangsidimpuan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan sosial ekonomi antar pedagang ikan sale di Pasar Kodok Kota Padangsidimpuan, mengetahui pelaku atau aktor yang terlibat didalam arus pemasaran ikan sale. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana interaksi atau tindakan-tindakan yang terjadi diantara aktor atau pelaku pemasaran tersebut dalam proses pemasaran ikan sale di Pasar Kodok Kota Padangsidimpuan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipasi, observasi non-partisipasi, wawancara, dan analisis data untuk mendapatkan hasil penelitian yang diinginkan. Analisis data yang di gunakan adalah dengan menggunakan konsep dan teori yang mendukung dalam kajian tentang hubungan sosial ekonomi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hubungan sosial ekonomi rantai pemasaran ikan sale di Pangsidimpuan terlibat aktor-aktor atau pelaku pemasaran yang menyalurkan arus pemasaran ikan sale samapi kepada konsumen. Pelaku pemasaran tersebut antara lain adalah pengolah ikan sale, pedagang grosir, pedagang eceran hingga sampai ketangan konsumen. Para pelaku pemasaran yang terlibat dalam proses pemasaran ikan sale memiliki keterkaitan dalam menjalin suatu hubungan yang harmonis. Hubungan harmonis yang terjalin merupakan hasil dari tindakan sosial ekonomi yang dilakukan oleh para pelaku pemasaran.
Collections
- Undergraduate Theses [939]