The Teachers' Perception Towards The Use Of Google Translate As A Translation Tool
View/ Open
Date
2021Author
Andari, Alviola Zhafirah
Advisor(s)
Sofyan, Rudi
Yusuf, Muhammad
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
persepsi guru terhadap penggunaan Google Translate sebagai alat penerjemahan.
Masalah penelitian ini adalah untuk menjelaskan persepsi guru terhadap penggunaan
Google Translate sebagai alat penerjemahan. Penelitian ini menggunakan deskriptif
kualitatif sebagai metode penelitian. Data penelitian ini menggunakan Kuesioner dan
Wawancara. Subyeknya adalah guru-guru di Hikmatul Fadhillah dengan jumlah guru
sebanyak 23 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru bisa mendapatkan
hasil terjemahan dengan cepat dan mudah dari google translate. Hampir semua guru
menyadari bahwa google translate sebagai alat penerjemahan tidak bisa menjadi alat
yang baik karena tata bahasa hasil terjemahan tidak sesuai. Meskipun aplikasi ini
memiliki kelemahan, namun guru tetap memiliki persepsi positif terhadap
penggunaannya. Ditemukan bahwa semua responden menyatakan persepsi positif
terhadap penggunaan google translate sebagai alat penerjemahan. Lebih jauh lagi,
keakuratan Google Translate membuat para guru terus belajar dan berlatih tata
bahasa sekaligus meningkatkan kemampuan menerjemahkannya This study aims to determine teachers'
perceptions of the use of Google Translate as a translation tool. The problem of this
study is to explain the teachers' perception towards the use of Google Translate as a
translation tool. This study used qualitative descriptive as the research method. The
data of this study used Questionnaire and Interview. The subject was the teachers at
Hikmatul Fadhillah and there were 23 teachers. The results of this research showed
that teachers can get translation results quickly and easily from google translate.
Almost all teachers realized that google translate as a translation tool could not be a
good tool because the grammar of the translation results is inappropriate. Although
this application has weaknesses, teachers still have a positive perception of its use. It
was found that all respondents stated they had positive perceptions towards the use of
google translate as a translation tool. Furthermore, the accuracy of Google Translate
made teachers continued to learn and practice grammar while also increasing their
translation skills.
Collections
- Undergraduate Theses [783]