Analisis Strategi Pemasaran pada PT.SGMW (Wuling) Melalui Peningkatan Layanan Purnajual dan Penambahan Jaringan Pasca Pandemi Covid-19 (Studi pada Wuling di kota Medan)
View/ Open
Date
2021Author
Pratiwi, Ananda Dian
Advisor(s)
Harahap, Kartini
Metadata
Show full item recordAbstract
The implementation of the right marketing strategy is one that every
company must pay attention to is not effective and efficient in creating effective
activities during the Covid-19 pandemic. Seeing the current conditions with the
decline in demand and sales, companies must be able to see the opportunities that
exist to maintain their efforts through the implementation of marketing strategies
by taking a different approach than before.
Seeing a significant impact, making automotive companies more aggressive
in carrying out appropriate marketing strategies, one of which is PT. SGMW
(Wuling), so it can be seen the increasingly fierce competition that must be faced
by companies engaged in this field. The purpose of this research is to find out how
Wuling's marketing strategy is through improving after-sales services and adding
networks in an effort to maintain sales in the midst of the Covid-19 pandemic.
This research is a qualitative research type. The technique of collecting data
is through literature study by searching for data and information through books,
journals, and papers and conducting field studies through observation, interviews,
and documentation. Data analysis was carried out using SOAR data analysis
techniques.
The results of SOAR analysis show that this company has a lot of positive
potential that becomes the company's strength and business opportunities that come
from internal and external aspects. The results of this study are expected to be used
as input and reference for companies to determine marketing strategies for the next
period. Penerapan strategi pemasaran yang tepat adalah salah satu yang harus di
perhatikan setiap perusahaan tidak terkecuali perusahaan otomotif dalam
menciptakan kegiatan yang efektif dan efisien dimasa pandemi Covid-19. Melihat
kondisi pada saat ini dengan adanya penurunan pada permintaan dan penjualan,
perusahaan harus mampu melihat peluang yang ada untuk tetap dapat
mempertahankan usahanya melalui penerapan strategi pemasaran dengan cara
melakukan pendekatan yang berbeda dari sebelumnya.
Melihat adanya dampak yang cukup signifikan, membuat perusahaanperusahaan
otomotif semakin gencar dalam melakukan strategi pemasaran yang
tepat, salah satunya adalah PT. SGMW (Wuling), sehingga dapat dilihat semakin
kerasnya persaingan yang harus dihadapi oleh perusahaan yang bergerak dalam
bidang ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana
strategi pemasaran yang dilakukan Wuling melalui peningkatan layanan purnajual
dan penambahan jaringan dalam upaya mempertahankan penjualan di tengah
pandemi Covid-19.
Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data melalui studi kepustakaan dengan cara mencari data dan
informasi melalui buku, jurnal, dan karya tulis serta melakukan studi lapangan
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan teknik analisis data SOAR.
Hasil analisis SOAR menunjukan bahwa perusahaan ini memiliki banyak
potensi positif yang menjadi kekuatan perusahaan serta peluang usaha yang berasal
dari segi internal serta eksternal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan
sebagai masukan dan acuan bagi perusahaan untuk menetapkan strategi pemasaran
pada periode berikutnya.
Collections
- Undergraduate Theses [1387]