Code Switching and Code Mixing in the Teaching Process: A Case Study at Rainbow School of Joy in Medan
View/ Open
Date
2021Author
Simanjuntak, Nova Marya
Advisor(s)
Hanafiah, Ridwan
Sembiring, Matius C.A.
Metadata
Show full item recordAbstract
The objectives of this study were to find out the types and the factors of code
switching and code mixing done by the teachers in the teaching process, to reveal
the reasons why did the teachers swithed and mixed the utterences in the teaching
process. This study was conducted by using descriptive qualitative design. The
objects of this study were three teachers who each of them teaches Mathematics,
Science and English at Rainbow School of Joy in Medan. The data were collected
by video recording of the teachers’ utterances during the teaching learning process
to find out the types and the factors of code switching and code mixing occurred,
interviewing the teachers to reveal the reasons why did the teachers switched and
mixed the codes. The data were analyzed by using Louis Cohen technique (2018).
The findings of the study showed that the most frequent types of code switching
done by the teachers in the online learning processwere inter sentential code
switching. The total is 46 types with percentage 18%. The most frequent types of
code mixing done by the teachers were the insertion (word phrase). The total is 49
types with percentage 19%. The most frequent factors of the teachers done the
code switching and mixing were about talking about the particular topic. The total
is 52 with the percentage 21%. Finally, the most frequent reasons of why did the
teachers switched and mixed the codes in utterances was the genre. The total is 12
with percentage 27.2%. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk menemukan jenis-jenis dan faktor-faktor
dari peralihan dan pencampuran kode oleh guru pada saat proses mengajar di
kelas, untuk mengungkapkan alasan-alasan dari guru mengapa mereka melakukan
peralihan dan pencampuran kode dalam proses mengajar di kelas. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam
penelitian ini adalah tiga orang guru yang masing-masing dari mereka mengajar
Mathematics, Science dan Bahasa Inggris di Rainbow yang dilakukan guru di
kelas untuk menemukan jenis-jenis peralihan kode yang muncul dan faktor-faktor
yang School of Joy Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
melalui rekaman video kegiatan belajar mengajar mempengaruhi terjadinya
peralihan dan pencampuran kode pada saat proses belajar mengajar di kelas.
Teknik berikutnya adalah wawacara untuk mengungkapkan alasan-alasan
mengapa guru tersebut melakukan peralihan dan pencampuran kode pada saat
proses belajar mengajar di kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik dari Luois Cohen (2018). Hasil dari penelitian ini telah ditemukan bahwa
jenis peralihan kode yang paling banyak terjadi adalah inter sentential dengan
jumlah 46 jenis atau 18%. Jenis pencampuran kode yang paling sering terjadi
adalah insertion (word phrase) dengan total 49 jenisatau 19%. Faktor yang
mempengaruhi terjadinya peralihan dan pertukaran kode adalah talking about
particular topic dengan total 52 atau 21%. Yang terakhir adalah alasan yang
paling banyak diungkapkan guru mengapa mereka melakukan peralihan dan
pertukaran kode pada saatmengajar adalah genre dengan total 12 atau 27.2%.
Collections
- Master Theses [239]