Pengaruh Citra Destinasi, Faktor Pendorong, Faktor Penarik, dan Modal Sosial terhadap kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali di Kawasan Danau Toba Sumatera Utara
View/ Open
Date
2021Author
Sirait, Ronnie Togar Mulia
Advisor(s)
Ginting, Paham
Lubis, Arlina Nurbaity
Absah, Yenni
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel eksogen citra destinasi, faktor pendorong, faktor penarik, dan modal sosial terhadap variabel endogen kepuasan wisatawan dan minat berkunjung kembali ke kawasan pariwisata Danau Toba. Teknik analisis yang digunakan yaitu: Teknik analisis deskriptif, teknik analisisis faktor eksploratori, dan model persamaan struktural dengan pendekatan kemungkinan maksimum. Jumlah sampel tahap pertama sebanyak 170 wisatawan dan 222 pengunjung pada tahap kedua. Hasil penelitian yakni: Citra destinasi berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan; Citra destinasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat berkunjung kembali; Faktor pendorong berpengaruh langsung, negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan; Faktor pendorong berpengaruh langsung, positif dan tidak signifikan terhadap minat berkunjung kembali; Faktor penarik berpengaruh langsung, positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan; Faktor penarikberpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali; Modal sosial berpengaruh langsung, positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan; Kepuasan wisatawan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjungan kembali wisatawan; Citra destinasi, faktor pendorong, faktor penarik dan modal sosial masing-masing tidak berpengaruh tidak langsung terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan. This study aims to determine and analyze the effect of exogenous variables destination image, push factors, pull factors, and social capital on endogenous variables tourist satisfaction and revisit intention to Lake Toba tourism area. The analysis techniques used are: descriptive analysis, exploratory factor analysis, and structural equation model with maximum likelihood approach. The number of samples in the first phase was 170 tourists and 222 visitors in the second phase. The results of the research are: Destination image has a direct, positive and significant effect on tourist satisfaction; Destination image has a negative and insignificant effect on revisit intention; Push factors have a direct, negative and insignificant effect on tourist satisfaction; Push factors have a direct, positive and insignificant effect on revisit intention; Pull factors have a direct, positive and not significant effect on satisfaction; Pull factors have a direct, positive and significant effect on revisit intention; Social capital has a direct, positive and significant effect on tourist satisfaction; Tourist satisfaction has a positive and significant effect directly on revisit intention; Destination image, push factor, pull factor and social capital each do not have an indirect effect on revisit intention through tourist satisfaction.