Strategi Dinas Koperasi dan UMKM dalam Pengembangan UMKM Kota Medan
View/ Open
Date
2021Author
Putri, Widya Fernanda
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Hidayati, Juliza
Metadata
Show full item recordAbstract
Sektor perdagangan dan penjualan mengalami dampak yang sangat
signifikan diakibatkan oleh pandemi yang mengakibatkan pengeluaran peraturan
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Indonesia. Sektor yang
mengalami dampak yang sangat signifikan ialah sektor UMKM (Usaha Mikro
Kecil & Menengah). Sektor UMKM merupakan sektor yang mempunyai
kontribusi pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang dimiliki oleh
suatu daerah. Di daerah Kota Medan secara indeks penjualan, mempunyai indeks
penjualan eceran sebesar -26 %. Indeks penjualan eceran yang sangat buruk
merupakan sebuah masalah yang harus diatasi, oleh karena itu peran Dinas
Koperasi & UMKM Kota Medan sebagai fasilitator dari UMKM merupakan
peran yang sangat krusial dalam peningkatan pertumbuhan bisnis UMKM.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu Dinas Koperasi & UMKM Kota
Medan dalam mendukung pertumbuhan bisnis UMKM dengan merancang strategi
untuk Dinas Koperasi & UMKM Kota Medan dalam meningkatkan pertumbuhan
bisnis UMKM. Hasil penelitian analisis lingkungan ekternal dan internal dari
Dinas Koperasi & UMKM Kota Medan, yang dimana hasil analisis tersebut
mengkategorikan bahwa dinas dianjurkan unutk membangun bisnis UMKM mulai
dari penetrasi pasar, pengembangan produk sampai dengan analsis pasar. Pada
penelitian ini mengahasilkan strategi prioritas yang harus diimplementasikan
seperti Pengalokasian prioritas permodalan dalam pembangunan Infrasturktur
Teknologi informasi dan digital marketing untuk memudahkan pelaku UMKM
dan Koperas agar dapat memasarkan produk dan layanannya kepada masyarakat. The trade and sales sector experienced a very significant impact due to the
pandemic which resulted in the issuance of regulations for the Imposition of
Restrictions on Indonesian Community Activities. The sector that experienced a
very significant impact was the MSME sector (Micro, Small & Medium
Enterprises). The MSME sector is a sector that has a contribution to the Gross
Regional Domestic Product (GRDP) owned by a region. In the area of Medan
City in terms of sales index, has a retail sales index of negative 26%. The very
poor retail sales index is a problem that must be overcome, therefore the role of
the Medan City Cooperatives & MSMEs Office as a facilitator of MSMEs is a
very crucial role in increasing MSME business growth.
Based on these problems, this study aims to assist the Medan City
Cooperatives & MSMEs Office in supporting MSME business growth by
designing strategies for the Medan City Cooperative & MSME Service Office in
increasing MSME business growth. From the results of this study, an analysis of
the external and internal environment was obtained from the Medan City
Cooperatives & MSMEs Office, where the results of the analysis categorize that
the agency is recommended to build MSME businesses starting from market
penetration, product development to market analysis. In addition, this study
resulted in priority strategies that must be implemented such as the allocation of
priority capital in the development of information technology infrastructure and
digital marketing to make it easier for SMEs and cooperatives to be able to
market their products and services to the public.
Collections
- Master Theses [177]