Show simple item record

dc.contributor.advisorSinulingga, Sukaria
dc.contributor.advisorHidayati, Juliza
dc.contributor.authorPutri, Widya Fernanda
dc.date.accessioned2021-11-18T04:05:10Z
dc.date.available2021-11-18T04:05:10Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/45778
dc.description.abstractSektor perdagangan dan penjualan mengalami dampak yang sangat signifikan diakibatkan oleh pandemi yang mengakibatkan pengeluaran peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Indonesia. Sektor yang mengalami dampak yang sangat signifikan ialah sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah). Sektor UMKM merupakan sektor yang mempunyai kontribusi pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang dimiliki oleh suatu daerah. Di daerah Kota Medan secara indeks penjualan, mempunyai indeks penjualan eceran sebesar -26 %. Indeks penjualan eceran yang sangat buruk merupakan sebuah masalah yang harus diatasi, oleh karena itu peran Dinas Koperasi & UMKM Kota Medan sebagai fasilitator dari UMKM merupakan peran yang sangat krusial dalam peningkatan pertumbuhan bisnis UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Dinas Koperasi & UMKM Kota Medan dalam mendukung pertumbuhan bisnis UMKM dengan merancang strategi untuk Dinas Koperasi & UMKM Kota Medan dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis UMKM. Hasil penelitian analisis lingkungan ekternal dan internal dari Dinas Koperasi & UMKM Kota Medan, yang dimana hasil analisis tersebut mengkategorikan bahwa dinas dianjurkan unutk membangun bisnis UMKM mulai dari penetrasi pasar, pengembangan produk sampai dengan analsis pasar. Pada penelitian ini mengahasilkan strategi prioritas yang harus diimplementasikan seperti Pengalokasian prioritas permodalan dalam pembangunan Infrasturktur Teknologi informasi dan digital marketing untuk memudahkan pelaku UMKM dan Koperas agar dapat memasarkan produk dan layanannya kepada masyarakat.en_US
dc.description.abstractThe trade and sales sector experienced a very significant impact due to the pandemic which resulted in the issuance of regulations for the Imposition of Restrictions on Indonesian Community Activities. The sector that experienced a very significant impact was the MSME sector (Micro, Small & Medium Enterprises). The MSME sector is a sector that has a contribution to the Gross Regional Domestic Product (GRDP) owned by a region. In the area of Medan City in terms of sales index, has a retail sales index of negative 26%. The very poor retail sales index is a problem that must be overcome, therefore the role of the Medan City Cooperatives & MSMEs Office as a facilitator of MSMEs is a very crucial role in increasing MSME business growth. Based on these problems, this study aims to assist the Medan City Cooperatives & MSMEs Office in supporting MSME business growth by designing strategies for the Medan City Cooperative & MSME Service Office in increasing MSME business growth. From the results of this study, an analysis of the external and internal environment was obtained from the Medan City Cooperatives & MSMEs Office, where the results of the analysis categorize that the agency is recommended to build MSME businesses starting from market penetration, product development to market analysis. In addition, this study resulted in priority strategies that must be implemented such as the allocation of priority capital in the development of information technology infrastructure and digital marketing to make it easier for SMEs and cooperatives to be able to market their products and services to the public.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPengembangan UMKMen_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.subjectIFAS-EFASen_US
dc.subjectQSPMen_US
dc.titleStrategi Dinas Koperasi dan UMKM dalam Pengembangan UMKM Kota Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM177025002
dc.description.pages124 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record