Show simple item record

dc.contributor.advisorGustianingsih
dc.contributor.authorA, Nurlaili
dc.date.accessioned2021-11-19T07:50:48Z
dc.date.available2021-11-19T07:50:48Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/45834
dc.description.abstractPsikolinguistik adalah ilmu yang mempelajari proses-proses mental yang dilalui oleh manusia dalam mereka berbahasa (Dardjowidjojo 2010: 7). Dalam hal ini, psikolinguistik berfokus kepada apa yang terjadi pada pikiran manusia ketika berbahasa atau menggunakan bahasa dan bagaimana anak-anak dalam memperoleh bahasa kemudian menggunakan bahasa atau melakukan tindak tutur antar sesama Tindak tutur memiliki kekuatan untuk mengungkapkan ekspresi kejiwaan dan keinginannya untuk memperoleh atau mengumpulkan sesuatu dalam berbagai konteks. Keinginan tersebut merupakan ekspresi kejiwaan yang diikuti dengan tindakan, usaha, dan berbagai teknik tindak tutur untuk mewujudkannya. Tindak tutur yang disampaikan seseorang sangat dipengaruhi kondisi psikis seseorang. Ketika seseorang bertutur selain struktur bahasa, perilaku berbahasa juga harus diperhatikan. Ilmu yang mempelajari keduanya adalah psikopragmatik. Pragmatik mengkaji maksud penutur dalam menuturkan sebuah satuan lingual tertentu pada sebuah bahasa, psikologi mengkaji perilaku berbahasa atau proses berbahasa (Chaer, 2009:56).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectpsikopragmatiken_US
dc.subjectilokusi bahasa indonesiaen_US
dc.subjectfilm kartunen_US
dc.titlePsikopragmatik dalam Tuturan Ilokusi Bahasa Indonesia Anak Usia 6 Tahun Konteks Film Kartunen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM170701039
dc.description.pages55 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record