Pengaruh E-Service Quality dan Pemasaran Relasional terhadap E-Satisfaction dalam Menggunakan Mobile Banking Melalui User Experience pada Bank Syariah Mandiri KCP Medan Petisah
View/ Open
Date
2021Author
Putri, Cindy Ayu
Advisor(s)
Ginting, Paham
Situmorang, Syafrizal Helmi
Metadata
Show full item recordAbstract
Perbankan syariah adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan
syariah (hukum) Islam. Bank Syariah Mandiri sebagai bank syariah di Indonesia
yang menerapkan sistem ini ditengah menjamurnya bank-bank konvensional.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh e-service quality dan
pemasaran relasional terhadap e-satisfaction melalui user experience. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yaitu untuk
mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Dalam penelitian ini digunakan
instrument kuesioner terstruktur dengan 5 poin skala Interval. Populasi pada
penelitian ini sebanyak 1475 orang nasabah dan dengan rumus Slovin didapatkan
315 orang nasabah pengguna Mobile Syariah Mandiri sebagai sampel dalam
penelitian yang diambil secara simple random sampling. Data yang diperoleh
dianalisa dengan menggunakan metode statistik dengan SEM Smart PLS.
Penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa e-service quality dan pemasaran
relasional tidak berpengaruh signifikan terhadap e-satisfaction. User Experience
berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction. E-service quality dan
pemasaran relasional berpengaruh signifikan terhadap user experience. E-service
quality dan pemasaran relasional berpengaruh signifikan terhadap e-satisfaction
melalui user experience.
Collections
- Master Theses [1233]
