Analisis dan Implementasi Metode Fuzzy-Mamdani pada Tingkat Kepuasan Nasabah
View/ Open
Date
2021Author
Simatupang, Melisa Putri Ayu
Advisor(s)
Mardiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam perusahaan jasa, kualitas pelayanan adalah hal yang sangat penting dalam
mewujudkan kepuasan nasabah. Untuk mengukur tingkat kepuasan nasabah terdapat
beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu tangible, reliability, responsiveness,
assurance, dan empathy. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode
Fuzzy-Mamdani. Untuk memperoleh output dilakukan dengan beberapa tahapan,
yaitu pembentukan himpunan fuzzy, aplikasi fungsi implikasi min, komposisi antar
aturan dengan metode max dan penegasan (deffuzification) dengan metode centroid.
Berdasarkan analisis deskriptif data, atribut yang perlu dilakukan perbaikan terdapat
pada dimensi tangible, pertanyaan 4 yaitu fasilitas yang disediakan yang memperoleh
persentase tertinggi sebesar 39% pada kategori penilaian cukup puas. Berdasarkan
hasil perhitungan menggunakan Metode Fuzzy-Mamdani dengan nilai rata-rata
masing-masing variabel sebesar 81, 85, 87, 86 dan 88 diperoleh hasil kepuasan
nasabah dengan hitung manual sebesar 77,71 dan dengan Matlab R2016a sebesar 78.
Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan nasabah merasa puas dengan
pelayanan yang diberikan. In service companies, service quality is very important in realizing customer
satisfaction. To measure the level of customer satisfaction there are several things
that must be considered, namely, tangible, reliability, responsiveness, assurance, and
empathy. The method used in this research is the Fuzzy-Mamdani method. To obtain
the output carried out in several stages, namely the formation of fuzzy sets,
application of implication functions min, composition between rules with max
method and affirmations (deffuzification) with the centroid method. Based on the
descriptive analysis of the data, the attributes that need to be improved are in the
tangible dimension, question 4 is the facilities provided which get the highest
percentage of 39% in the category of assessment quite satisfied. Based on the results
of calculations using the Fuzzy-Mamdani Method with an average value of each
variable of 81, 85, 87, 86 and 88, the results of customer satisfaction with manual
calculations are 77.71 and with Matlab R2016a of 78. Overall customers are
satisfied with the services provided.
Collections
- Undergraduate Theses [1853]