Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Ansietas pada Orang Tua Murid yang Mendampingi Belajar Online pada Masa Pandemi Covid-19
View/ Open
Date
2021Author
Hasbi, Muhammad
Advisor(s)
Amin, Mustafa Mahmud
Effendy, Elmeida
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan:
Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan ansietas pada orang
tua murid yang mendampingi belajar online pada masa pandemi covid- 19
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian multivariat tipe prediktif dengan
pendekatan potong lintang untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan
dengan skor ansietas pada orang tua murid yang mendampingi belajar online pada
masa pandemi covid-19 dengan menggunakan instrumen Generalized Anxiety
disorder-7(GAD-7).
Hasil: Sebanyak 118 subjek ikut serta dalam studi ini jenis kelamin pada orang
tua murid jenis kelamin terbanyak adalah perempuan adalah 81 subjek (68,6%),
umur orang tua dengan median 33 tahun, jumlah anak terbanyak adalah >2 anak
sebanyak 60 subjek (50,8%), ikatan perkawinan terbanyak adalah berpasangan 77
subjek (65,3%), jumlah pendapatan orang tua dengan median 8 juta, riwayat
penyakit penyerta orang tua yang dijumpai terbanyak adalah 12 subjek (10,2%),
pekerjaan orang tua terbanyak adalah bekerja 87 subjek (73,7%), lama pendidikan
terakhir orang tua dengan median 15 tahun berhubungan dengan skor ansietas
pada orang tua yang mendampingi murid dalam belajar online di masa pandemi
covid-19.
Kesimpulan: faktor-faktor yang berhubungan dengan ansietas pada orang tua
yang mendampingi murid dalam belajar online di masa pandemi covid-19 adalah
umur, jumlah pendapatan orang tua, riwayat penyakit penyerta orang tua,
pekerjaan orang tua, lama pendidikan orang tua. Objective:
To find out factors related to anxiety in parents of students who accompany online
learning during the covid-19 pandemic
Methods: This study is a predictive multivariate study with a cross-sectional
approach to determine the factors associated with anxiety scores in parents of
students who accompany online learning during the covid-19 pandemic using the
Generalized Anxiety disorder-7 (GAD-7) instrument
Results: A total of 118 subjects participated in this study. The gender of the
parents of students, the most gender was female, 81 subjects (68.6%), the age of
parents with a median of 33 years, the highest number of children was >2 children
with 60 subjects ( 50.8%), the most marital ties were in pairs 77 subjects (65.3%),
the number of parents' income with a median of 8 million, the most common
history of parental disease was 12 subjects (10.2%), parents' occupations Most of
them worked with 87 subjects (73.7%), the length of last education of parents
with a median of 15 years was related to anxiety scores for parents who
accompanied students in online learning during the covid-19 pandemic.
Conclusion: the factors related to anxiety in parents who accompany students in
online learning during the covid-19 pandemic are age, parental income, parental
history of co-morbidities, parental occupation, and length of parental education.
Collections
- Master Theses [159]