Evaluasi Kualitas Layananan Perpustakaan Menggunakan Metode Libqual di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
View/ Open
Date
2018Author
Tessa, Elvi Mardha
Advisor(s)
Samosir, Zurni Zahara
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan UINSU yang diukur dengan menggunakan metode LibQual. Indikator dalam penelitian ini meliputi : Affect of Service (kinerja petugas dalam pelayanan), Information Control, (kontrol informasi), Library as place (perpustakaan sebagai sebuah tempat). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UINSU yang terdaftar sebagai anggota aktif perpustakaan yang berjumlah 8.429 orang. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 99 orang. Teknik untuk menentukan ukuran sampel dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling yaitu menentukan ukuran sampel berdasarkan strata.
Hasil penelitian menunjukkan Affect of Service di Perpustakaan UINSU sudah bagus. Mulai dari pengetahuan dan wawasan pustakawan dalam memberikan layanan, pemahaman pustakawan untuk memahami kebutuhan informasi pemustaka, kepedulian pustakawan dalam memberikan layanan, dan lain-lain sudah bagus menurut pemustaka. Acces to Information di Perpustakaan UINSU masih kurang. Seperti ketersediaan koleksi, ke up to date an koleksi di Perpustakaan UINSU, kesesuaian koleksi dengan kebutuhan pemustaka, dan lainnya sudah bagus menurut pemustaka. Library as place di Perpustakaan UINSU menurut pemustaka sudah baik. Mulai dari fasilitas layanan, kenyamanan ruang baca, suasana Perpustakaan dan lainnya sudah bagus menurut pemustaka.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Acces to Information di Perpustakaan UINSU masih kurang.
Collections
- Undergraduate Theses [727]