| dc.contributor.advisor | Daulay, Harmona | |
| dc.contributor.author | Koestri A, Chintya | |
| dc.date.accessioned | 2021-12-20T03:59:47Z | |
| dc.date.available | 2021-12-20T03:59:47Z | |
| dc.date.issued | 2021 | |
| dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/46097 | |
| dc.description.abstract | The title submitted in this research is Beauty Construction in Korean
Skincare Products Usage: A Study on Female Students of Korean Skincare Users
in Medan City. In this study, the author seeks to investigate how beauty
construction developed among female student users of Korean skincare in Medan
City. Beauty construction is the value or concept of beauty constructed by a social
reality within a society.
The method used in this research is descriptive equipped with a qualitative
approach. The determination of informants in this study is performed using a
snowball sampling technique, by interviewing 11 informants, namely 9 key
informants and 2 additional informants. The presentation of the data refers to the
social construction theory of Peter L. Berger to show the reality of beauty existed
among female students of Korean skincare users in Medan City.
The result of the study indicates that there are numerous definitions of the
concept of beauty that have been developed in the current era of globalization.
However, in this case, beauty construction on female students of Korean skincare
product users in Medan City takes place through three simultaneous moments,
namely externalization, objectivation, and internalization. In the externalization
stage, female students define beauty as a woman's physical appearance. Entering
the objectivation stage, informant's knowledge of the concept of beauty is
increasingly diverse. Until the last stage, namely internalization, informants
define beauty as divided into two kinds: first, the external beauty, namely beauty
that is visible to the naked eyes and that of from within (inner beauty). External
beauty is the physical beauty possessed by a woman, such as clean and wellgroomed
bright skin, sharp nose, ideal body shape, and the ability to mix & match
the style of the outift. These criteria are generated from the characteristics of
Korean women who currently become the beauty trendsetters. On the other hand,
the second, the inner beauty covers good attitude and behavior, pleasant
personality, the intelligence of mind, and qualified skills. Nevertheless, both kinds
of beauty are interrelated and complementary to each other. | en_US |
| dc.description.abstract | Judul yang diangkat pada penelitian kali ini adalah Konstruksi Cantik
dalam Penggunaan Produk Skincare Korea Studi pada Mahasiswi Pengguna
Produk Skincare Korea di Kota Medan. Konstruksi cantik merupakan makna
ataupun konsep cantik yang menjadi suatu realitas sosial dalam lingkup
masyarakat. Dalam penelitian ini, penulis ingin melihat bagaimana konstruksi
cantik yang berkembang di kalangan mahasiswi pengguna skincare Korea di Kota
Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Penentuan informan dengan menggunakan teknik sampling
snowball (bola salju), dengan mewawancarai 11 informan, yakni 9 informan kunci
dan 2 informan tambahan. Penyajian data mengacu pada teori konstruksi sosial
Peter L. Berger untuk menunjukkan realitas kecantikan yang ada di kalangan
mahasiswi pengguna skincare Korea di Kota Medan.
Sebenarnya banyak sekali definisi mengenai konsep cantik yang
berkembang di era globalisasi seperti saat ini. Tetapi dalam hal ini, hasil dari
penelitian menunjukkan, bahwa proses konstruksi atas realitas cantik pada
mahasiswi pengguna produk skincare Korea di Kota Medan berlangsung melalui
tiga momen simultan, yakni eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Pada
tahap eksternalisasi, mahasiswi mendefinsikan cantik adalah penampilan fisik
seorang perempuan. Memasuki tahap objektivasi, pengetahuan informan
mengenai konsep cantik kian beragam. Hingga pada tahap terakhir, yaitu
internalisasi, informan mendefinisikan cantik terbagi atas dua yaitu kecantikan
dari luar yakni kecantikan yang tampak secara kasat mata dan kecantikan dari
dalam (inner beauty). Kecantikan dari luar adalah keindahan fisik yang dimiliki
oleh seorang perempuan, seperti kulit putih bersih terawat, hidung mancung,
bentuk tubuh yang ideal, serta kemampuan mempadu-padankan style pakaian
yang dikenakan. Kriteria-kriteria tersebut merujuk pada perempuan Korea yang
saat ini menjadi trendsetter kecantikan. Kemudian, kecantikan dari dalam (inner
beauty) meliputi sikap dan perilaku yang baik, pribadi yang menyenangkan,
hingga kecerdasan pikiran, dan skill yang memumpuni. Keduanya saling berkaitan
dan saling melengkapi satu sama lainnya. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
| dc.subject | Social Construction | en_US |
| dc.subject | Externalization | en_US |
| dc.subject | Objectivation | en_US |
| dc.subject | Internalization | en_US |
| dc.subject | Korean Skincare | en_US |
| dc.subject | Konstruksi Cantik | en_US |
| dc.subject | Eksternalisasi | en_US |
| dc.subject | Objektivasi | en_US |
| dc.subject | Internalisasi | en_US |
| dc.subject | Skincare Korea | en_US |
| dc.title | Konstruksi Cantik Dalam Penggunaan Produk Skincare Korea (Studi pada Mahasiswi Pengguna Produk Skincare Korea di Kota Medan) | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nim | NIM170901004 | |
| dc.description.pages | 140 Halaman | en_US |
| dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |