Show simple item record

dc.contributor.advisorNapitupulu, Humala L
dc.contributor.advisorSembiring, Meilita Tryana
dc.contributor.authorHarahap, Zubaidah Kartika
dc.date.accessioned2022-01-03T03:43:01Z
dc.date.available2022-01-03T03:43:01Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/46432
dc.description.abstractThe regional drinking water company (PDAM) is one of the Regional Owned Enterprises (BUMD) owned by the North Sumatra Provincial government which is engaged in the business of providing clean water. This regional drinking water company (PDAM) sells clean water directly to the people of Medan. From the data in the field, the author finds that there are still high customer complaints regarding the quality of clean water where customer satisfaction is an important element so that the service company remains superior in facing current business developments as a company that provides and distributes clean water directly to the community, especially Sunggal areas for daily use. The purpose of the study is to identify the factors that become customer assessments of the quality of clean water of PDAM Tirtanadi Sunggal in meeting the daily needs of clean water and find recommendations for solutions that can be taken to be an improvement in producing clean water that can be used to meet daily needs. days according to clean water standards. Based on the results of the study, it was concluded that the factor of consumer assessment of the water quality of PDAM Tirtanadi Sunggal which became the main priority of the problem was cloudy water when used (5.86%). And recommendations for improving clean water quality consist of 3 attributes, namely maintenance and cleaning of water filters, maintenance and replacement of water pipes regularly and providing training to employees.en_US
dc.description.abstractPerusahaan daerah air minum (PDAM) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimiliki pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang bergerak dibidang usaha penyedia air bersih. Perusahaan daerah air minum (PDAM) ini menjual air bersih langsung kepada masyarakat Medan. Dari data dilapangan penulis menemukan masih tingginya keluhan pelanggan mengenai kualitas air bersih dimana kepuasan pelanggan merupakan elemen penting agar perusahaan jasa tersebut tetap unggul menghadapi perkembagan usaha saat ini sebagai perusahaan yang menyediakan dan mendistribusikan langsung air bersih kepada masyarakat khususnya daerah sunggal untuk digunakan sehari-hari. Tujuan dari penelitian adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penilaian pelanggan terhadap kualitas air bersih PDAM Tirtanadi Sunggal dalam memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari dan menemukan rekomendasi solusi yang dapat diambil untuk menjadi suatu perbaikan dalam menghasilkan air bersih yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sesuai dengan standar air bersih. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa Faktor penilaian konsumen terhadap kualitas air PDAM Tirtanadi Sunggal yang menjadi prioritas utama permasalahan untuk diselesaikan dengan metode TRIZ yaitu Air keruh saat digunakan (5.86%). Dan rekomendasi perbaikan kualitas air bersih berjumlah 3 atribut yaitu pemeliharaan dan pembersihan pada filter air secara berkala, pemeliharaan dan pergantian pipa air secara berkala dan memberikan pelatihan kepada pegawai.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPerbaikan Kualitasen_US
dc.subjectQFDen_US
dc.subjectTRIZen_US
dc.titleIntegrasi Metode Quality Function Deployment dengan Theory Of Inventive Problem Solving dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Air Bersih di Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi Cabang Sunggal Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM187025002
dc.description.pages175 halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record