dc.contributor.advisor | Marpaung, Nicholas | |
dc.contributor.author | Rumapea, Vanny Adelia | |
dc.date.accessioned | 2022-01-03T03:48:13Z | |
dc.date.available | 2022-01-03T03:48:13Z | |
dc.date.issued | 2021 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/46435 | |
dc.description.abstract | Berkembang pesatnya dunia bisnis pada abad keduapuluh satu dan
terjadinya persaingan usaha yang semakin ketat jika perusahaan tidak mampu
meningkatkan dan mempertahankan kualitas SDM tentunya perusahaan akan
mengalami kemunduran dan kegagalan. Pengalaman menunjukkan bahwa untuk
menunjukkan organisasi yang kompetitif dan kualitas kinerja karyawan yang baik
adalah dengan mengelola dengan baik pengetahuan yang dimiliki setiap karyawan
dengan menerapkan manajemen pengetahuan atau knowledge management salah
satunya di perusahaan bisnis gadai yaitu PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah I
Medan.
Berdasarkan latar belakang, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis penerapan knowledge management PT Pegadaian (Persero) Kantor
Wilayah I Medan dalam meningkatkan kinerja karyawan. Sedangkan rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan knowledge
management di PT Pegadaian (Persero) dalam meningkatkan kinerja karyawan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengambilan data primer melalui wawancara dan dokumentasi.
Pengambilan data sekunder melalui data kepustakaan. Proses analisis data
dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan knowledge
management dalam PT Pegadaian (Persero) dirasa belum maksimal dalam
meningkatkan kinerja karyawan, hal ini dapat dilihat dari pengunaan pengetahuan,
sedangkan untuk penciptaan dan berbagi pengetahuan sudah baik untuk
meningkatkan kinerja karyawan. | en_US |
dc.description.abstract | The rapid development of the business world in the twenty-first century
and the occurrence of increasingly fierce business competition if the company is
not able to improve and maintain the quality of its human resources, the company
will certainly experience setbacks and failures. Experience shows that to show a
competitive organization and good quality employee performance is to properly
manage the knowledge possessed by each employee by implementing knowledge
management or knowledge management, one of which is in a pawn business
company, namely PT Pegadaian (Persero) Regional Office I Medan.
Based on the background, the purpose of this study is to analyze the
application of knowledge management of PT Pegadaian (Persero) Medan
Regional Office I in improving employee performance. While the formulation of
the problem in this study is how to apply knowledge management at PT
Pegadaian (Persero) in improving employee performance.
This study uses a qualitative approach with a descriptive type of research.
Primary data collection techniques through interviews and documentation.
Secondary data retrieval through library data. The data analysis process is
carried out by collecting data, reducing data, presenting data and drawing
conclusions.
The results of this study indicate that the application of knowledge
management in PT Pegadaian (Persero) is not optimal in improving employee
performance, this can be seen from the use of knowledge, while for the creation
and sharing of knowledge it is good to improve employee performance. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Knowledge Management | en_US |
dc.subject | Kinerja Karyawan | en_US |
dc.subject | PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah I Medan | en_US |
dc.title | Analisis Knowledge Management dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM170907146 | |
dc.description.pages | 165 Halaman | en_US |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |