Analisis Strategi Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage) Salon Kecantikan dalam Meningkatkan Minat Konsumen Terhadap Jasa Rumah Terapi Syar’i di Kota Kisaran
View/ Open
Date
2021Author
Manurung, Yuli Afnida
Advisor(s)
Safrin, Feby Aulia
Metadata
Show full item recordAbstract
The increasing number of customer requests for beauty salon services,
making beauty care one of the needs of women today. Beauty salons are also
supported by the increasing public need for appearance and desires which
indirectly bring progress in the world of beauty. The more time goes by and the
growing public demand for beauty salon services, the competition in the beauty
salon industry is getting tougher. This requires that every beauty salon business
can face competitive strategies and have its own advantages compared to other
beauty salons.
This study aims to identify and analyze the competitive advantage strategy
of beauty salons in increasing consumer interest in Syar'i Therapy House services
in Kisaran City. This research was conducted to see and find out how the
competitive advantage strategy is carried out by Syar'i Therapy House in order to
maintain the existence of its business business in increasing consumer interest in
Kisaran City.
The research method used is descriptive qualitative. Data were collected
by This study uses three research informants, namely key informants, key
informants, and key informants who are used as resource persons who are
considered capable of providing information about the object of research. The
research method used is descriptive qualitative. Data were collected by interview,
observation, and documentation.
The results show that the competitive advantage strategy that has been
implemented is good, but there needs to be improvements regarding promotions
that are carried out to be more comprehensive and innovate so that people can
easily get the information provided. The results of the research show that the
competitive advantage strategy that has been implemented can be implemented
properly. Semakin banyaknya permintaan pelanggan terhadap jasa salon kecantikan,
membuat perawatan kecantikan menjadi salah satu kebutuhan wanita dizaman
sekarang. Salon kecantikan juga di dukung dengan meningkatnya kebutuhan
masyarakat akan penampilan dan keinginan yang secara tidak langsung membawa
kemajuan dalam dunia kecantikan. Semakin berjalannya waktu dan
berkembangnya permintaan masyarakat terhadap jasa salon kecantikan, maka
semakin ketat pula persaingan di bidang industri salon kecantikan. Hal ini
mengharuskan setiap usaha salon kecantikan dapat menghadapi strategi bersaing
dan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan salon kecantikan
lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi
keunggulan bersaing salon kecantikan dalam meningkatkan minat konsumen
terhadap jasa Rumah Terapi Syar’i di Kota Kisaran. Penelitian ini dilakukan
untuk melihat dan mengetahui bagaimana strategi keunggulan bersaing yang
dilakukan Rumah Terapi Syar’i agar dapat mempertahankan eksistensi usaha
bisnisnya dalam meningkatkan minat konsumen di Kota Kisaran.
Penelitian ini menggunakan tiga informan penelitian yaitu informan kunci,
informan utama ,dan informan utama yang dijadikan narasumber yang dianggap
mampu memberikan informasi seputar objek peneltian. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara,
observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi keunggulan bersaing yang
dilakukan sudah baik, namun perlu adanya perbaikan mengenai promosi yang
dilakukan untuk lebih menyeluruh dan berinovasi agar masyarakat dengan mudah
mendapatkan informasi yang di berikan. Diperoleh hasil penelitian bahwa strategi
keunggulan bersaing yang dilakukan sudah dapat diterapkan dengan baik.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]