Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
View/ Open
Date
2021Author
Rahmanisa, Fitri
Advisor(s)
Mardhiyah, Ainun
Metadata
Show full item recordAbstract
The COVID-19 pandemic does not affect fashion products to continue to
develop and produce new products that attract consumers' attention. However,
during a pandemic like now, some shops/malls close and turn to marketplaces such
as shopee to help sell their products. Purchasing through the Shopee marketplace
requires a good perception of quality from consumers, this depends on the seller in
describing the product. It is known that in QII/2020 the number of transactions on
the Shopee marketplace increased by 130% compared to QII/2019 before the
pandemic.
This study aims to analyze how the influence of lifestyle and perceived
quality on purchasing decisions for fashion products on the Shopee marketplace.
The influence between lifestyle and perceived quality will be analyzed partially and
simultaneously on purchasing decisions.
The research method used is quantitative research with an associative
approach. sampling as many as 96 respondents using purposive sampling
technique. The data analysis method used is quantitative analysis method which
includes validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear
regression analysis, hypothesis testing through t-test, F test, and coefficient of
determination test (R2 test).
The results showed that the lifestyle variabel had a positive and significant
effect on purchasing decisions with a Tcount of 5.323 > Ttable of 1.661 and a sig.
of 0.000 <0.05, the perceived quality variabel has a positive and significant effect
on purchasing decisions with a T value of 6,887 > T table 1,661 and sig. of 0.000
< 0.05. based on the coefficient of determination test shows that there is a fairly
close relationship between lifestyle and perceived quality of purchasing decisions
with an R value of 0.873. Through the value of R square, it is known that the lifestyle
variabel and perceived quality contribute 76.2% to the purchasing decision
variabel, while the remaining 23.8% is influenced by other variabels not discussed
in this study. Pandemi COVID-19 tidak mempengaruhi produk fashion untuk terus
berkembang dan menghasilkan produk-produk yang baru yang menarik perhatian
konsumen. Namun pada saat pandemi seperti sekarang ini beberapa toko/mall tutup
dan beralih ke marketplace seperti shopee untuk membantu penjualan produknya.
Pembelian melalui marketplace Shopee membutuhkan persepsi kualitas yang baik
dari konsumen, hal ini bergantung pada seller dalam menggambarkan produknya.
Diketahui pada QII/2020 jumlah transaksi pada marketplace Shopee naik 130%
dibandingkan QII/2019 sebelum pandemi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh variabel
gaya hidup dan variabel persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian produk
fashion pada marketplace Shopee. Pengaruh antara gaya hidup dan persepsi kualitas
akan dianalisis secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penlitian kuantitatif dengan
pendekatan asosiatif. Pengambilan sampel yang diambil sebanyak 96 responden
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang
digunakan adalah metode analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji
reliabilitas, uji asumsi klasik, analisi regresi linier berganda, pengujian hipotesis
melalui uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi (uji R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung
sebesar 5,323 > ttabel 1,661 dan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Variabel persepsi
kualitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
dengan nilai thitung sebesar 6,887 > ttabel 1,661 dan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05.
Berdasarkan pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa terdapat
hubungan yang cukup erat antara gaya hidup dan persepsi kualitas terhadap
keputusan pembelian dengan nilai R sebesar 0,873. Melalui nilai dari R square
diketahui bahwa variabel gaya hidup dan persepsi kualitas berkontribusi sebesar
76,2% terhadap variabel keputusan pembelian sedangkan sisanya 23,8%
dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]