• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Communication Science
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Communication Science
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengetahuan dan Keterampila Ibu dalam Pengawasan Media Video Game Anak di Kelurahan Harjosari I Kecamatan Medan Amplas Kota Medan

    View/Open
    Fulltext (7.694Mb)
    Date
    2021
    Author
    Safitra, Andrial
    Advisor(s)
    Lubis, Suwardi
    Lubis, Lusiana Andriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengetahuan dan keterampilan literasi media ibu dalam pengawasan aktivitas video game anak di Kelurahan Harjosari I Kecamatan Medan Amplas Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif pendekatan studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi non-partisipan. Subjek penelitian ini adalah 4 (empat) orang ibu-ibu di Kelurahan Harjosari I dan 2 (dua) orang informan triangulasi. Hasil penelitian berdasarkan data yang didapatkan menunjukkan pengetahuan dan keterampilan literasi media ibu-ibu pada media video game anak di Kelurahan Harjosari I yaitu semua informan memiliki pengetahuan yang cukup pada konten, industri dan dampak. Semua informan menyadari media video game memiliki beragam konten dari yang ramah untuk anak hingga yang tidak sesuai untuk konsumsi anak yaitu konten kekerasan tinggi dan pornografi, semua informan juga berpendapat bahwa pasar video game saat ini mencakup semua umur, dan menyadari dampak video game dapat mempengaruhi sikap dan perilaku penggunanya. Keterampilan menganalisis, mengevaluasi, berkomunikasi dan berpartisipasi para informan dalam kegiatan media video game anak yaitu para informan mengidentifikasi atau mendapatkan informasi mengenai video game yang dimainkan anak dari aktivitas anak bermain video game itu sendiri, para informan berupaya mendampingi dan berkomunikasi dengan anak untuk mendapatkan informasi tentang isi dan konten video game yang dimainkan anak lalu menjelaskan konten yang tidak untuk ditiru oleh anak mereka. Para informan dalam melakukan pengawasan pada aktivitas media video game anak terbilang pasif yaitu dengan membatasi waktu dan durasi penggunaan media video game anak.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/46538
    Collections
    • Master Theses [357]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV