dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengetahuan dan keterampilan literasi
media ibu dalam pengawasan aktivitas video game anak di Kelurahan Harjosari I
Kecamatan Medan Amplas Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif pendekatan studi kasus dengan menggunakan teknik
pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi non-partisipan.
Subjek penelitian ini adalah 4 (empat) orang ibu-ibu di Kelurahan Harjosari I dan
2 (dua) orang informan triangulasi. Hasil penelitian berdasarkan data yang
didapatkan menunjukkan pengetahuan dan keterampilan literasi media ibu-ibu pada
media video game anak di Kelurahan Harjosari I yaitu semua informan memiliki
pengetahuan yang cukup pada konten, industri dan dampak. Semua informan
menyadari media video game memiliki beragam konten dari yang ramah untuk anak
hingga yang tidak sesuai untuk konsumsi anak yaitu konten kekerasan tinggi dan
pornografi, semua informan juga berpendapat bahwa pasar video game saat ini
mencakup semua umur, dan menyadari dampak video game dapat mempengaruhi
sikap dan perilaku penggunanya. Keterampilan menganalisis, mengevaluasi,
berkomunikasi dan berpartisipasi para informan dalam kegiatan media video game
anak yaitu para informan mengidentifikasi atau mendapatkan informasi mengenai
video game yang dimainkan anak dari aktivitas anak bermain video game itu
sendiri, para informan berupaya mendampingi dan berkomunikasi dengan anak
untuk mendapatkan informasi tentang isi dan konten video game yang dimainkan
anak lalu menjelaskan konten yang tidak untuk ditiru oleh anak mereka. Para
informan dalam melakukan pengawasan pada aktivitas media video game anak
terbilang pasif yaitu dengan membatasi waktu dan durasi penggunaan media video
game anak. | en_US |