Pengaruh Periklanan dan Tingkat Suku Bunga terhadap Daya Tarik Menabung pada PT Bank Sumut Medan
View/ Open
Date
2021Author
Lubis, Muthia Amalya
Advisor(s)
Marpaung, Nicholas
Metadata
Show full item recordAbstract
Pertumbuhan dunia perbankan saat ini meningkat pesat. Yang ditandai dengan banyaknya Bank-Bank lain. Dengan adanya Bank-Bank baru tersebut persaingan antar Bank menjadi semakin ketat. Yang dimana Bank-Bank dituntut agar dapat mempertahankan persaingan dengan menarik nasabah sebanyak mungkin. Maka untuk dapat mempertahankan peningkatan PT Bank Sumut, upaya yang harus dilakukan adalah melakukan Periklanan dan Tingkat Suku Bunga pada Bank. Hal ini akan sangat menentukan citra produk maupun citra perusahaan dimata masyarakat khususnya nasabah dan pada akhirnya mempengaruhi daya tarik menabung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan, dan tingkat suku bunga terhadap daya tarik menabung pada PT Bank Sumut Medan. Pengaruh tersebut akan dianalisis secara parsial dan simultan terhadap variabel dependen.
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada nasabah yang menabung pada PT Bank Sumut Medan. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan probability sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Periklanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Daya Tarik. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan Periklanan yaitu 0,030 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 2,206 > ttabel sebesar 1,985. Sedangkan variabel Tingkat Suku Bunga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Daya Tarik. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan Tingkat Suku Bunga yaitu 0,00 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 11,062 > ttabel sebesar 1,985. Berdasarkan dengan teori yang ada, hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari variabel Periklanan (X1) dan variabel Tingkat Suku Bunga (X2), secara serentak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu Daya Tarik (Y). The growth of the banking world is currently increasing rapidly. Which is marked by the number of other banks. With the existence of these new banks, the competition between banks has become increasingly fierce. Which is where the Banks are required to be able to maintain competition by attracting as many customers as possible. So to be able to maintain the increase in PT Bank Sumut, the effort that must be made is to carry out Advertising and Interest Rates at the Bank. This will greatly determine the image of the product and the image of the company in the eyes of the public, especially customers and ultimately affect the attractiveness of saving.
This study aims to determine the effect of advertising and interest rates on the attractiveness of saving at PT Bank Sumut Medan. The influence will be analyzed partially and simultaneously on the dependent variable.
The form of research used in this study is a quantitative method with an associative approach. This research was conducted by distributing questionnaires to customers who save at PT Bank Sumut Medan. The technique used in data collection by using probability sampling.
The results of this study indicate that the advertising variable has a positive and significant effect on attractiveness. This can be seen from the significant value of Advertising, namely 0.030 <0.05 and the tcount value of 2.206 > ttable of 1.985. While the Interest Rate variable has a positive and significant effect on Attractiveness. This can be seen from the significant value of the Interest Rate, namely 0.00 <0.05 and the tcount value of 11.062 > ttable of 1.985. Based on the existing theory, this shows that the independent variable consisting of the Advertising variable (X1) and the Interest Rate variable (X2), simultaneously has a positive and significant effect on the dependent variable, namely Attractiveness (Y).
Collections
- Undergraduate Theses [1432]