Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Samyang (Studi pada Konsumen Samyang Kota Medan)
View/ Open
Date
2021Author
Yanda, Fajar Gisa
Advisor(s)
Safrin, Feby Aulia
Metadata
Show full item recordAbstract
The nation's economic development in this era has given birth to various industries, one of which produces food products, both produced by domestic companies and foreign companies. One of the products favored by the community today is instant noodles. According to data from world instant noodles asosiation (WINA) there are 10 countries with the largest consumption of instant noodles in the world, one of which is Indonesia which occupies the second position after China. Imported instant noodle products that are present in Indonesia are Samyang products. Samyang noodles are instant noodle products that have a characteristic spicy taste that the company is known as Samyang Food.inc which comes from South Korea.
This research aims to find out how halal labeling affects purchasing decisions, how price influences purchasing decisions, and how halal labelization and price influence on purchasing decisions. The type of research used in this study is quantitative research with an associative approach.
The population in this study is a consumer of samyang products in Medan City. The sampling technique used in the study was a purposive sampling technique and used 100 respondents as samples. The primary data used in the study was obtained by disseminating questionnaires in the form of google forms and secondary data was obtained through literature studies. The data analysis methods used are validity tests, reliability tests, classical asumsu tests, multiple linear regression tests, and hypothesis tests.
The results showed that halal labeling variables and price variables had a positive effect on purchasing decision variables, and halal labelization variables and prices had simultaneous influence on purchase decision variables. The coefficient of determination test shows that there is a relationship between the halal labelization variable and the price to the purchase decision with an R value of 0.695. Through the adjusted value R square of 48.3% against the purchase decision variable while the rest is influenced by other variables not mentioned in this research. Perkembangan perekonomian bangsa di era ini telah melahirkan berbagai macam industri salah satunya menghasilkan produk pangan, baik yang diproduksi oleh perusahaan dalam negeri maupun perusahaan asing. Menurut data World Instant Noodles Assosiation (WINA) terdapat 10 negara dengan konsumsi mie instan terbesar di dunia salah satunya Indonesia yang menempati posisi kedua setelah Tiongkok. Produk mie instan impor yang hadir di Indonesia yaitu produk Samyang. Mie Samyang adalah produk mie instan yang memiliki ciri khas rasa pedas yang perusahaannya dikenal dengan nama Samyang Food.inc yang berasal dari Korea selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian, bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, dan bagaimana pengaruh labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk samyang di Kota Medan. Teknik pegambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan menggunakan 100 responden sebagai sampel. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk google form dan data sekunder diperoleh melalui studi literatur. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel labelisasi halal berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian, variabel harga berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian, dan variabel labelisasi halal dan harga berpengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian dengan nilai R sebesar 0,695. Melalui nilai adjusted R square sebesar 48,3% terhadap variabel keputusan pembelian sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]