Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk , Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Penyet Jakarta (APJ) Cabang SM Raja Medan
View/ Open
Date
2021Author
Rasyiddin, Ahmad
Advisor(s)
Rini, Endang Sulistya
Metadata
Show full item recordAbstract
The phurcase decision is the stage where the buyer has made his choice and made a purchase of a product, and consumed it. Many factors influence buying decisions, including service quality, product quality, price and promotion. service quality is the level of excellence expected and control over that level of excellence will fulfill customer desires. Other factors that influence phurcase decisions are service quality, product quality, price, and promotion.
This research is a survey research with an associative quantitative approach which aims to determine the effect of service quality variables, product quality, price and promotion on consumer purchasing decisions of penyet chicken in Jakarta, SM Raja branch. The study population was all APJ consumers who were buying at the APJ branch of SM Raja during December 2020 totaling 350. The samples were determined using accidental sampling, which is determining the number of samples at the time of conducting the research so that 70 research samples were obtained. The data collection method used a questionnaire. Data analysis using multiple linear regression.
The results of the research and data analysis show that the factors of customer quality, product quality, price and promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions for APJ. Service quality partially has a positive and significant effect on APJ purchasing decisions. Product quality partially has a positive and significant effect on APJ purchasing decisions. Price partially has a positive and significant effect on APJ purchasing decisions. Promotion partially has a significant influence on shopping decisions. As for suggestions for APJ, it is hoped that APJ can provide more maximum service, especially in serving food, responding to consumer complaints, and providing facilities and infrastructure so as to guarantee customer satisfaction. APJ is also able to consistently maintain taste, color, temperature, portion, aroma, and shape by paying attention to the similarity in the quality of ingredients. Keputusan pembelian adalah tahap dimana pembeli telah menentukan pilihannya dan melakukan pembelian produk, serta mengkonsumsinya. Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan membeli, diantarnya kualitas pelayanan, kualitas produk, Harga dan Promosi. kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut akan memenuhi keinginan pelanggan. Faktor lain yang turut mempengaruhi Keputusan pembelian adalah kualitas pelayanan kualitas produk,harga,dan promosi.
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan, kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen ayam penyet Jakarta Cabang SM Raja. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen APJ yang sedang membeli di APJ Cabang SM raja selama bulan desember tahun 2020 berjumlah 350. Penentuan sampel menggunakan accidental sampling yakni menentukan jumlah sampel pada saat melakukan penelitian sehingga diperoleh 70 sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa faktor kualitas pelanggan, kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian APJ. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian APJ . Kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian APJ. Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian APJ. Promosi secara parsial memberi pengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja. Adapun saran untuk APJ Diharapkan APJ dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal terutama dalam penyajian makanan, menanggapi keluhan konsumen, serta penyediaan sarana dan prasarana sehingga dapat memberikan jaminan kepuasan terhadap konsumen. APJ juga mampu mempertahankan rasa, warna, temperatur, porsi, aroma, dan bentuk secara konsisten dengan cara memperhatikan kesamaan kualitas bahan masakan.