Show simple item record

dc.contributor.advisorNasution, Muhammad Arifin
dc.contributor.advisorSiregar, Onan Marakali
dc.contributor.authorSinaga, Marnidauli
dc.date.accessioned2022-01-18T01:28:20Z
dc.date.available2022-01-18T01:28:20Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/46835
dc.description.abstractIncreasingly competitive business competition requires small businesses to have a competitive advantage. The competitive advantage of SMEs can be achieved by developing products so that they are unique. Like the business of Rayna Juice as one of the SMEs that have competitors located on Tuasan street 65 Sidorejo Hilir subdistrict Medan Tembung district North Sumatera, which is still standing today. The purpose of this research is to implement the strategy used by Rayna Juice bussines Tuasan street 65 Sidorejo Hilir subdistrict, Medan Tembung district, North Sumatra. This researc uses a qualitative approach with descriptive analysis. Primary data collection techniques through observation, interviews. Meanwhile, secondary data were obtained from literature study and documentation. To analyze the data, the SWOT analysis method (Strenghts, Weaknesses, Opportunity, Threats) was used, namely by identifying internal and external factors, using the IFAS & EFAS table and the SWOT matrix. Based on the internal and external analysis and diagram of the SWOT matrix (Strenghth, Weakness, Opportunity, Threats) conducted by researchers, rayna’s juice was in favor of the aggressive (quadrant 1).Whereas rayna juice has a force of 2,36 greater than 0,43 weaknessses and the opportunity of 2,65are greater than the threat of 0,45.en_US
dc.description.abstractPersaingan bisnis yang semakin kompetitif mengharuskan usaha kecil harus memiliki keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing UKM dapat dicapai dengan mengembangkan produk sehingga memiliki keunikan. Seperti halnya usaha Rayna Juice sebagai salah satu UKM yang memiliki pesaing yang berlokasi di Jl.Tuasan Kelurahan Sidorejo Hilir yang masih berdiri sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapanstrategi yang digunakan usaha Rayna Juice Jl.Tuasan no.65 Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data primer melalui observasi, wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan metode analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunty, Threats) yaitu dengan cara mengidentifikasi fakor internal dan eksternal, menggunakan table IFAS&EFAS dan Matriks SWOT. Berdasarkan dari analisis internal dan eksternal beserta diagram matriks SWOT (Strenght, Weakness, Oportunity, Threats) yang dilakukan oleh peneliti maka Usaha Rayna Juice mendukung Strategi Agresif (kuadran I), dimana Rayna Juice memiliki kekuatan 2,36 lebih besar dari pada kelemahan 0,43 (faktor internal) dan peluang yang dimliki 2,65 lebih besar dari pada ancaman 0,45 (faktor eksternal).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectCompetitive Strategyen_US
dc.subjectInternal and external factorsen_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.subjectStrategi Bersaingen_US
dc.subjectFaktor internal dan eksternalen_US
dc.titleAnalisis Strategi Bersaing pada UKM Jus Buah (Studi pada Usaha Rayna Juice Jl. Tuasan No. 65 Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung Sumatera Utara)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM160907108
dc.description.pages132 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record