Hubungan Faktor-Faktor Penyesuaian Diri Terhadap Kemampuan Adaptasi Mahasiswa Malaysia di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara
View/ Open
Date
2017Author
Ahmad Helmi Bin Abu Bakar
Advisor(s)
Eyanoer, Putri Chairani
Metadata
Show full item recordAbstract
Background: Currently, the ability of adaptation is very important especially for foreign students so
that they can be competent and equip as international candidates, establishing multicultural
relationships with domestic students or acquiring the vital skills needed for a country's economy in the
era of globalization and knowledge-based economy. They must be able to make changes and
adaption to themselves consistent with the environment in which they are studying. Objective: To
know the correlation between the ability of adaptation of foreign students with the environment,
family, culture, language and perceptions of the lectures. Methods: Analytical research with
cross-sectional design. Malaysian students will be assessed by the ability to adapt to the environment,
family, culture, language, perceptions of the lectures and perceptions of the culture by filling out the
questionnaire. Result: From the total 96 respondents with an average age of 21,06± 1,32 this study
find a significant relationship of adaptation of Malaysian students with psychology and language.
However, there is no significant association with environment, family, perception of lectures and
perception of culture. Conclusion: This study found two variables that indicate a significant
relationship Latar Belakang: Kemampuan adaptasi sangat penting terutama pada mahasiswa asing agar mereka
mampu menjadi kompeten serta memperlengkapi diri sebagai calon karyawan bertaraf internasional,
membangun relasi multikultural dengan mahasiswa domestik ataupun mendapatkan keterampilan
yang sangat vital yang dibutuhkan bagi ekonomi suatu negara di era globalisasi dan ekonomi
berbasis pengetahuan saat ini. Mereka harus bisa melakukan perubahan maupun penyesuaian
terhadap diri mereka sesuai dengan lingkungan ditempat mereka belajar. Tujuan: Mengetahui
hubungan kemampuan adaptasi mahasiswa asing dengan lingkungan, keluarga, budaya, bahasa
serta persepsi terhadap perkuliahan. Metode: Penelitian analitik dengan desain cross-sectional.
Mahasiswa malaysia akan dinilai kemampuan adaptasi dengan lingkungan, keluarga, budaya,
bahasa, persepsi terhadap perkuliahan serta persepsi terhadap budaya dengan melakukan pengisian
kuesioner. Hasil: Dari jumlah 96 responden dengan usia rata-rata 21,06 ± 1,32 studi ini menemukan
hubungan yang signifikan antara adaptasi mahasiswa Malaysia dengan psikologis dan bahasa
Namun, tidak ada hubungan yang signifikan dengan lingkungan tempat tinggal, keluarga, persepsi
mahasiswa terhadap perkuliahan dan persepsi mahasiswa terhadap budaya. Kesimpulan : Penelitian
ini menemukan dua variabel yang menunjukkan ada hubungan yang signifikan.
Collections
- Undergraduate Theses [2258]