Analisis Kualitas Pelayanan Publik Bidang Perizinan terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara
View/ Open
Date
2021Author
Muliani
Advisor(s)
Kusmanto, Heri
Fauzan, Indra
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam rangka membentuk pelayanan prima dan mengacu Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, maka dibentuklah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara yang merupakan unit kerja yang memiliki tugas dan fungsi melayani masyarakat di bidang perizinan yang diharapkan dapat menumbuhkan iklim usaha yang kondusif di Provinsi Sumatera Utara, yaitu dengan melayani perizinan dan non perizinan yang mudah, cepat dan transparan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis Kualitas Pelayanan Publik Bidang Perizinan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan rumus slovin dengan presisi 10%, dengan tingkat kepercayaan 90%, dari jumlah populasi sebesar 500 pemohon perizinan, maka yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 83 responden. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah sample acak sederhana (simple random sampling). Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, studi dokumentasi, dan daftar pertanyaan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik Uji Regresi Linier Berganda , dan uji hipotesis Uji Ftest dan R2 dan Uji parsial (Uji t-test). Hasil penelitian pengujia secara Parsial (Uji T) kehandalan (X1), bentuk fisik (X2), Daya tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5), keseluruhan berpengaruh nyata terhadap Kepuasan Masyarakat (Y), pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara .