Penerapan Algoritma Welch-Powell untuk Pengaturan Pengendalian Lampu Lalu Lintas
View/ Open
Date
2021Author
Lubis, Loria Amisah
Advisor(s)
sitorus, Syahriol
Mardiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
The traffic becomes issues days in each city in Indonesia. One of
the solutions is to use traffic lights. The existence traffic lights is
realty help full to put in order the lider, however in most cases is
not optimal related to the determining which arents should be red or
green and how long each. To solve this problem, a graph approach is
used with point coloring applications. The algorithme used is Welch-
Powell. The application of the Welch-Powell algorithme to determine
the chromatic number of a graph can provide an alternative solution to
the pudden. After the traffic flow is transformed in to a graph model,
the graph points are collored, and the chromatic number is calculated.
From the data obtained in applaying the Welch-Powell algorithme, the
chromatic number of the graph model is 4. After conducting a survey
of traffic volume and cycle time trhough ATCS (Area Traffic Control
System) the outhors get the results the average duration of the red
light is negative because the duration of the red light has decreased
by 13% and the duration of the green light is positif. It means the
average duration of the green light has increased by 14,3%. Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan yang dihadapi berbagai
kota di Indonesia. Salah satu solusinya adalah menggunakan lampu
lalu lintas. Keberadaan lampu lalu lintas sangat membantu untuk men-
ertibkan pengguna jalan, namun dalam banyak kasus kurang optimal,
terkait dengan penentuan arus mana yang harus merah maupun hijau
dan berapa lama masing-masing. Untuk mengatasi masalah tersebut
digunakan pendekatan graf dengan aplikasi pewarnaan titik.Algoritma
yang digunakan adalah Welch-Powell. Penerapan algoritma Welch-
Powell untuk menentukan bilangan kromatik graf dapat memberi alter-
natif penyelesaian masalah itu. Setelah arus-arus lalu lintas ditransfor-
masi menjadi model graf, kemudian dilakukan pewarnaan titik graf, dan
dihitung bilangan kromatiknya.Dari data yang diperoleh dalam mener-
apkan Algoritma Welch-Powell diperoleh bilangan kromatik dari model
graf adalah 4. Setelah dilakukan survey terhadap volume lalu lintas,
dan waktu siklus melalui ATCS (Area Traffic Control System) maka
penulis mendapatkan hasil yaitu rata-rata durasi lampu merah berni-
lai negatif, karena durasi lampu merah tersebut mengalami penurunan
sebesar 13% dan durasi lampu hijau bernilai positif berarti rata-rata
durasi lampu hijau tersebut mengalami kenaikan sebesar 14,3%.
Collections
- Master Theses [414]