dc.contributor.advisor | Zuska, Fikarwin | |
dc.contributor.author | Manik, Irawanita | |
dc.date.accessioned | 2022-01-25T03:56:49Z | |
dc.date.available | 2022-01-25T03:56:49Z | |
dc.date.issued | 2022 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/46995 | |
dc.description.abstract | Tulisan ini berjudul Strategi Adaptasi Pedagang Souvenir Di Destinasi
Wisata Saat Pandemi Covid-19, Studi Kasus: Desa Tomok Parsaoran Kabupaten
Samosir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kualitatif yang
terjadi dalam masyarakat. Dalam hal ini penelitian ini dilakukan untuk
mendeskripsikan Strategi Adaptasi Pedagang Souvenir di Destinasi Wisata Masa
Pandemi Desa Tomok Parsaoran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian etnografi dengan
pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data primer
yang didapat langsung oleh penulis merupakan berasal dari wawancara dengan
informan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari tulisan dan dokumen yang
dibutuhkan dengan topik yang bersangkutan dengan tema/judul skripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemic covid-19 sangat
berdampak atas perekonomian pedagang souvenir di Desa Tomok. Destinasi
wisata yang ada di Desa Tomok parsaoran menjadi sepi pengunjung atas
kehadiran covid-19 dan berujung pada kurang beroperasinya kegiatan berdagang
souvenir oleh pedagang souvenir di wisata tersebut. Untuk itu pedagang souvenir
harus beradaptasi akan kondisi sepi nya pengunjung dan melakukan strategi untuk
tetap bertahan hidup serta tetap bertahan menjalankan jualan souvenir. Strategi
bertahan hidup yang dilakukan oleh pedagang souvenir di masa Pandemi Covid-
19 yaitu dengan berbagai strategi diantaranya : mencari sumber mata pencaharian
lain, melakukan penghematan pengeluaran keluarga dan melakukan pinjaman
kepada keluarga atau berhutang kepada keluarga. Selain itu pedagang juga
memikirkan strategi untuk tetap dapat bertahan jualan souvenir di masa pandemi
covid-19 yaitu dengan cara : melakukan penawaran harga barang souvenir lebih
rendah, melakukan banting harga, dan melakukan jualan online. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Strategi Adaptasi | en_US |
dc.subject | Pedagang | en_US |
dc.subject | Souvenir | en_US |
dc.subject | Destinasi Wisata | en_US |
dc.subject | covid-19 | en_US |
dc.title | Strategi Adaptasi Pedagang Souvenir Di Destinasi Wisata Saat Pandemi Covid-19, Studi Kasus: Desa Tomok Parsaoran, Kabupaten Samosir | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM170905065 | |
dc.description.pages | 150 Halaman | en_US |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |