Pengaruh Citra Merek, Harga dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada PT.Kopitree Cita Berkah)
View/ Open
Date
2021Author
Alif, Rizky Muhammad
Advisor(s)
Dirbawanto, Nana Dyki
Metadata
Show full item recordAbstract
Development in this era of globalization have made the business world faster and the competition tighter, this requires every business actor to be able to take advantage of all the potential and opportunities it has. One way to win the competition is to make something different or characteristic. Differentiators of characteristics such as a good brand image, acceptable prices and a comfortable store atmosphere, so that they can create purchasing decisions.
The purpose of this study is to determine the effect of brand image, price, and store atmosphere on purchasing decisions at PT Kopitree Cita Berkah. Brand image is an attribute that introduces and offers products from a reliable store. Then the price is a marketing tool that will be considered by consumers. Furthermore, the atmosphere of the store is a physical characteristic that is most easily felt by consumers, this is in the form of a comfortable atmosphere and makes consumers want to spend a long time at the store.
This study uses quantitative research methods. The population in this study are consumers of PT Kopitree Cita Berkah and the sample taken is 100 respondents. The sampling technique in this research is purposive sampling. The data collection method used a questionnaire which was measured by a Likert scale. The analytical method used in this research is instrument test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, hypothesis test, and coefficient of determination test using SPSS.
The result showed that brand image, price, and store atmosphere had a significant effect on purchasing decisions. Based on the result of the determination test, it was found that the value of the correlation coefficient (R) was 0.849 so it could be concluded that there was a direct correlation between the variables of brand image, price, store atmosphere, and purchasing decisions. The value shows an R square of 0.722 or 72.2%. This means that the independent variable, namely brand image, price, and store atmosphere simultaneously have an influence of 72.2% on the dependent variable, namely purchasing decisions. The influence given can be said to be large, while the rest is explained by other unknown variables in this study. Perkembangan pada era globalisasi ini, membuat dunia bisnis sudah semakin cepat dan persaingannya semakin ketat, hal ini mengharuskan setiap pelaku usaha mampu untuk memanfaatkan semua potensi dan peluang yang dimilikinya. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan membuat sesuatu yang pembeda atau karakteristik sendiri. Pembeda atau karakteristik seperti citra merek yang baik, harga yang dapat diterima dan suasana toko yang nyaman, sehingga dapat menciptkan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaaui pengaruh citra merek, harga dan suasana toko terhadap keputusan pembelian di PT Kopitree Cita Berkah. Citra merek merupakan atribut yang memperkenalkan dan menawarakan produk dari suatu toko yang dapat diandalkan. Kemudian Harga merupakan sebuah alat pemasaran yang akan menjadi bahan pertimbangan yang sering dilakukan konsumen. Selanjutnya suasana toko merupakan karakteristik fisik yang paling mudah dirasakan oleh konsumen, hal ini berupa suasana nyaman dan membuat konsumen ingin menghabiskan waktu yang lama pada toko tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah konsumen PT Kopitree Cita Berkah dan sample yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diukut dengan skala likert. Metode analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu yaitu SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, harga, dan suasana toko berpengaruh signifikan terhdapap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji determinasi diperoleh hasil bahwa nilai koefisien korelasi (R) yaitu sebesar 0.849 sehingga dapat disimpulkan terdapat adanya korelasi secara langsung antara variable citra merek, harga, suasana toko, dan keputusan pembelian. Nilai mennjukan R square sebesar 0.722 atau 72.2%. hal ini berarti variable bebas yaitu citra merek, harga, dan suasana toko secara simultan memiliki pengaruh sesebar 72.2% terhadap variable terikat yaitu keputusan pembelian. Pengaruh yang diberikan dapat dikatakan besar, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variable lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini.
Collections
- Undergraduate Theses [1432]